Penulis Utama : Rima Tri Utami
NIM / NIP : F0314085
×

Abstrak

Tujuan penelitian untuk memberikan fakta mengenai corporate governance dengan tiga aspek yang akan diuji sebagai variabel indepeden yaitu kepemilikan manajerial, komisaris independen, dan komite audit. Variabel dependen yang dipengaruhi yaitu Economic Value Added (EVA) sebagai pengukur kinerja perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian sekunder. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling terhadap perusahaan manufaktur yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) tahun 2015-2018. Sampel yang digunakan sebesar 36 perusahaan dengan total 144 data. Proses analisis uji asumsi klasik dan uji regresi linear berganda. Setelah dilakukan analisis, hasil yang diperoleh menunjukkan ketiga variabel independen dapat mempengaruhi variabel dependen. Akan tetapi arah pengaruhnya terlihat hanya komite audit yang dapat berpengaruh positif dan signifikan terhadap EVA sedangkan kepemilikan manajerial dan komisaris independen berpengaruh negatif dan signifikan terhadapa EVA.

Kata kunci: Tata Kelola Perusahaan, Kepemilikan Manajerial, Komisaris Independen, Komite audit, Kinerja Perusahaan, Kinerja Keuangan, Nilai Tambah Ekonomi

 

×
Penulis Utama : Rima Tri Utami
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0314085
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Corporate Governance terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia Tahun 2015-2018)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2020
Program Studi : S-1 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS- Fak. Ekonomi dan Bisnis, Jur. Akuntansi-F0314085 -2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Santoso Tri Hananto, M.Acc., Ak.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.