Penulis Utama : I Dewa Agung Aridika Permana
NIM / NIP : K3215031
×

Abstrak

I Dewa Agung Aridika Permana. K3215031. STUDI TENTANG KOMUNITAS GRAFFITI NODA KOTA DI KOTA SURAKARTA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, November 2019.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) latar belakang komunitas Noda Kota, (2) karya komunitas Noda Kota. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif dalam penelitian ini digunakan untuk mengungkap hasil wawancara dan dokumentasi sedangkan pendekatan kuantitatif disini sifatnya hanya sederhana digunakan untuk mengungkap hasil kuesioner. Strategi penelitian yang digunakan adalah strategi kasus tunggal terpancang, Sumber data yang digunakan berupa informan, tempat, arsip dan dokumen serta karya graffiti dari komunitas Noda Kota. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan kuesioner. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Validitas data dicapai dengan menggunakan triangulasi data dan review informant. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis mengalir meliputi, reduksi data, penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian meliputi : 1) deskripsi tentangĀ  latar belakang komunitas Noda Kota yang berdiri sejak tahun 2006 menjadi wadah dari berbagai crew dan personal yang berada di kota Surakarta dengan banyak anggota dan sekarang hanya ada 8 anggota yang aktif berkarya. 2) bentuk visual dari anggota komunitas Noda Kota memiliki ciri khas masing-masing dan orisinil karena mereka memiliki gaya visualisasi yang tidak sama dengan para pelaku graffiti lainnya. Mereka memanfaatkan visual kartun untuk dikembangkan ke dalam karya graffitinya dan juga memanfaatkan unsur huruf yang telah diubah dikembangkan secara berbeda sehingga menghasilkan gaya bentuk huruf yang baru dan berciri khas.

Kata kunci: komunitas, graffiti, Noda Kota

×
Penulis Utama : I Dewa Agung Aridika Permana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3215031
Tahun : 2020
Judul : Studi Tentang Komunitas Graffiti Noda Kota di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Prog Studi Pendidikan Seni Rupa-K3215031-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. MY. Ning Yuliastuti, M.Pd.,
2. Dr. Adam Wahida S.Pd., M.Sn.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.