Penulis Utama : Artha Baskara Jati
NIM / NIP : M3115029
×

Abstrak

Dalam suatu kehidupan, kesehatan tubuh merupakan salah satu unsur yang sangat penting. Akan tetapi, kesadaran masyarakat mengenai pentingnya kesehatan masih sangat rendah, maka perlu ditanamkan kebiasaan hidup sehat sejak anak. Anak-anak memiliki pola pertumbuhan dan perkembangan yang khusus sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangannya. Sehingga dalam hal ini salah satu cara mengajarkan kesehatan kepada anak adalah melalui permainan.

Untuk membuat atau mengembangkan permainan ini terdapat banyak metodologi yang bisa digunakan. Permainan “Yuk Diet” ini, menggunakan metodologi analisa terhadap anak dengan kekurang tertarikan terhadap makanan sehat, kemudian mencari konsep permainan yang cocok bagi anak tersebut. Pencarian data kebutuhan pembuatan aplikasi dimulai dengan mencari apa masalah yang sering dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini, perancangan akan lebih mudah untuk menghasilkan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan. Setelah selesai dengan pencarian data, kemudian dilanjutkan dengan pengerjaan rancangan jalan cerita yang akan dibangun dalam aplikasi ini. Pembuatan perancangan desain seiring dengan berjalannya jalan cerita.

Dengan konsep yang telah ada, dihasilkan permainan dengan judul “Yuk Diet” dengan konsep dua dimensi. Aktor berlari mencari makanan sehat dan menghindari makanan kurang sehat sehingga anak diharapkan dapat mengenalinya dengan lebih baik. Aplikasi dibuat dengan tampilan dua dimensi serta memiliki konsep edukasi bagaimana anak seharusnya memilih makanan yang sehat dan kaya nutrisi. Gambaran yang ditampilkan dibuat lebih menarik karena diperuntukkan bagi anak-anak. Karakter yang dibuat juga memiliki gambaran seperti anak dengan tubuh gendut agar sesuai dengan tema. Setelah semua desain selesai, pembuatan dilanjutkan dengan penggabungan animasi, kode algoritma program, serta audio.

Kata kunci: Game, Makanan Sehat, Android, Kesehatan, Anak

 

 

×
Penulis Utama : Artha Baskara Jati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M3115029
Tahun : 2020
Judul : Perancangan dan Pembuatan Game “Yuk Diet” Berbasis Android Sebagai Edukasi Makanan Sehat Pada Anak
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Ilmu Komputer Teknik Informatika
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi, Prog. Studi Informatika-M3115029-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Fendi Aji Purnomo, S.SI., M.ENG.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.