Penulis Utama : Anom Mohammad Rais
NIM / NIP : K3216007
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hasil pengembangan materi perpaduan batik teknik gepyok dan tie dye dalam mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan di kelas XII SMA Negeri 1 Purwareja Klampok yang digunakan sebagai sumber belajar; (2)  respons kelayakan pengembangan materi batik teknik gepyok dan tie dye yang dilakukan terhadap peserta didik kelas XII SMA Negeri 1 Purwareja Klampok tahun ajaran 2019/2020.
Penelitian ini termasuk berbasis pengembangan Research and Development (R&D). Model penelitian pengembangan merujuk pada langkah-langkah yang ada dibuku Sugiyono (2010) yang kemudian diringkas oleh Tim Puslitjaknov terdiri atas 5 tahap, yaitu: 1) menganalisa identifikasi dan masalah sebelum membuat produk, 2) mengembangkan awal produk, 3) uji validasi oleh dosen ahli dan revisian, 4) uji coba di lapangan skala kecil dan revisi, 5) uji coba di lapangan skala besar dan produk akhir. Pengumpulan data mengunakan metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Pada tahap uji coba lapangan dilakukan di kelas XII MIPA 5 SMA Negeri 1 Purwareja Klampok. Dalam menganalisa data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian pengembangan ini berupa: 1) Materi atau bahan ajar yang dikemas menjadi modul perpaduan batik teknik gepyok dan tie dye dalam mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan untuk peserta didik kelas XII di SMA Negeri 1 Purwareja Klampok yang disusun berdasarkan standar kompetensi, kompetensi inti dan kompetensi dasar, 2) Bahan ajar yang dihasilkan berdasarkan uji kelayakan yaitu dosen ahli materi sebesar 86.84% dengan kategori baik sekali, dosen ahli media sebesar 84.50% dengan kategori baik sekali, tanggapan dari peserta didik skala terbatas 80,11% dengan kategori baik sekali dan tanggapan dari peserta didik dalam skala lebih luas sebesar 80,31% dengan kategori baik sekali. Berdasarkan keseluruhan hasil persentase penilaian materi atau bahan ajar perpaduan batik teknik gepyok dan tie dye sudah termasuk dalam kategori baik sekali sehingga dapat digunakan sebagai sumber referensi belajar dalam mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan di SMA Negeri 1 Purwareja Klampok.

Kata kunci : pengembangan, materi, batik teknik gepyok, tie dye, prakarya dan kewirausahaan

 

×
Penulis Utama : Anom Mohammad Rais
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3216007
Tahun : 2020
Judul : Pengembangan Materi Perpaduan Batik Teknik Gepyok dan Tie Dye dalam Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di Kelas XII SMA Negeri 1 Purwareja Klampok Tahun Ajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Prog Studi Pendidikan Seni Rupa-K3216007-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Adam Wahida, S.Pd., M.Sn.,
2. Endang Sri Handayani, S.Sn, M.Sn
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.