Penulis Utama : Prasojo Mesach
NIM / NIP : M3115107
×

Abstrak

Peradaban manusia dalam ilmu pengetahuan yang berkembang dimulai dari ditemukannya fosil manusia purba yang hidup pada zaman Pleistosen (2.580.000– 11.700 tahun SM). Di Indonesia terdapat beberapa jenis fosil manusia purba diantaranya Meghantropus, Pithecantropus, dan Homo. Sejarah manusia purba penting untuk dikenalkan kepada anak-anak. Pengenalan manusia purba umumnya dipelajari langsung ke museum atau buku-buku sejarah yang didapatkan dari sekolah. Tetapi masih banyak anak-anak yang malas membaca buku-buku sejarah dan jarang pergi ke museum. Seiring berkembangnya teknologi, maka dibutuhkan sarana edukasi manusia purba yang efektif bagi anak-anak salah satunya melalui game.
Pembuatan game ini dikembangkan dengan metode GDLC (Game Development Life Cycle) dan dibuat dengan teknologi 2 dimensi. Dalam game “Manusia Purba” ini dikenalkan wawasan tentang benda peninggalan pra-sejarah dan hewan purba yang ada di masa itu. Dalam game ditambahkan rintangan yang akan dihadapi oleh manusia purba. Software engine yang digunakan adalah Unity game engine.
Hasil dari pembuatan aplikasi game “Manusia Purba” berbentuk file .apk yang dijalankan pada ponsel pintar Android. Pengembangkan aplikasi ini diharapkan mampu menciptakan gambaran tentang manusia purba sebagai sarana edukasi yang efektif bagi anak-anak.

Kata kunci: Game, Manusia Purba, Android.

 

×
Penulis Utama : Prasojo Mesach
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M3115107
Tahun : 2020
Judul : Pembuatan Game Edukasi 2D Manusia Purba dan Benda Sejarah Berbasis Android Untuk Anak
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Ilmu Komputer Teknik Informatika
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi, Prog. Studi Informatika-M3115107-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Fendi Aji Purnomo, S.SI., M.ENG.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.