Penulis Utama : Wisnu Maulana Primadhita
NIM / NIP : M3115141
×

Abstrak

Dunia kesehatan saat ini tidak lepas dari teknologi komputer dan teknologi informasi. Pengolahan data medis yang dahulu dilakukan secara manual saat ini dibuat menjadi otomatis dengan sistem informasi baik berbasis web maupun mobile yang mempercepat proses kerja para dokter maupun bagian administrasi didalam suatu rumah sakit. Di rumah sakit tentunya sudah banyak yang memiliki “Sistem Informasi Rekam Medis” tetapi kebanyakan dengan menggunakan sistem informasi tersebut dokter akan menulis diagnosa dan resep untuk pasien secara manual atau dengan menggunakan bantuan komputer. Dengan menggunakan sistem informasi tersebut maka akan membuat pekerjaan semakin mudah dan juga lebih efisien, karena semua data rekam medis sudah disimpan didalam sistem yang dapat diakses kapan saja oleh orang yang memiliki akses seperti dokter dan bagian administrasi rumah sakit. Melihat hal tersebut solusi yang dapat diberikan yaitu dengan dibuatnya aplikasi eKlinik berbasis android yang akan memudahkan pasien dan dokter dan mengatur jadwal dokter oleh admin.
Pembuatan aplikasi ini menggunakan metode waterfall. Langkah-langkah dari metode ini yaitu pengumpulan data, membuat analisa kebutuhan sistem, desain database, pengujian, dan implementasi. Aplikasi E-Klinik ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan Android Studio menggunakan MySQL sebagai basis datanya.
Aplikasi E-Klinik Berbasis Android ini dapat digunakan pasien untuk mendaftar pemeriksaan pada dokter tertentu. Dan dokter dapat menyimpan data hasil pemeriksaan yang nantinya aplikasi digunakan pada klinik rumah sakit. Serta dapat mempermudah alur pendaftaran pemeriksaan dan mengolah data hasil pemeriksaan yang dilakukan dokter.

Kata kunci: klinik, rekam medis, android, android studio, MySql.

 

×
Penulis Utama : Wisnu Maulana Primadhita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M3115141
Tahun : 2020
Judul : Perancangan dan Pembuatan Aplikasi E-Klinik Berbasis Android
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Ilmu Komputer Teknik Informatika
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi, Prog. Studi Informatika-M3115141-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yudho Yudhanto, S.Kom, M.Kom
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.