Penulis Utama : Ilham Ridwan Santoso
NIM / NIP : M3116035
×

Abstrak

Badan Pusat Statistik mendata sebanyak 105.150.082 unit jumlah sepeda motor telah beredar di Indonesia pada tahun 2016. Tingginya angka tersebut sebanding dengan kejahatan pencurian sepeda motor. Ditemukan sebanyak 118.425 kasus pencurian sepeda motor terjadi sepanjang tahun 2014-2016 oleh Badan Pusat Statistik Kriminal. Penggunaan Shutter Magnet Key sebagai pengaman pada sepeda motor nyatanya masih rawat terjadi kerusakan akibat dibobol dengan kunci T.
Pengamanan sepeda motor berbasis komputer atau media elektronik lain dapat dijadikan sebuah inovasi dalam meningkatkan keamanan sepeda motor dibandingkan dengan kunci konvensional. Smartphone merupakan alat elektronik yang saat ini tidak dapat dilepaskan dari kehidupan masyarakat. Aplikasi pengaman sepeda motor berbasis smartphone merupakan pilihan yang tepat.. Sistem pengaman sepeda motor dibangun dengan menggabungkan teknologi wi-fi pada smartphone dengan teknologi mikrokontroler ESP8266.
Hasil penggabungan teknologi Wi-fi pada smartphone android dan teknologi mikrokontroler ESP8266 didapat suatu sistem pengaman sepeda motor yang dapat mengunci, membuka kunci, menghidupkan mesin, mematikan mesin pada sepeda motor dan menyalakan alarm untuk mengetahui posisi sepeda motor.
 
Kata kunci : Sepeda motor, Smartphone, Android, Mikrokontroler   ESP8266

 

×
Penulis Utama : Ilham Ridwan Santoso
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M3116035
Tahun : 2019
Judul : Aplikasi Remote Pengaman Sepeda Motor Berbasis Android
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2019
Program Studi : D-3 Ilmu Komputer Teknik Informatika
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi, Prog. Studi Informatika-M3116035-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sahirul Alim Tri Bawono S.Kom., M.Eng.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.