Penulis Utama : Linda Windarti
NIM / NIP : K1211034
×

ABSTRAK

Linda Windarti. K1211034. PENERAPAN KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII (Studi Kasus di SMP Negeri 2 Weru). Skripsi, Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Pendidikan Indonesia tengah mengalami perubahan Kurikulum, dari KTSP menjadi Kurikulum 2013. SMP Negeri 2 Weru adalah salah satu sekolah yang menerapkan Kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan dan menjelaskan proses pembelajaran, hambatan, dan upaya mengatasi hambatan yang dilakukan guru mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP negeri 2 Weru dalam penerapan Kurikulum 2013.

Penelitian ini dilakukan pada tahun 2015 dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui metode studi kasus komparatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Data berasal dari peristiwa proses pembelajaran, informan (guru dan siswa), dan dokumen. Teknik pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Validitas data diperoleh melalui triangulasi sumber data, triangulasi metode dan review informan. Teknik analisis data menggunakan model interaktif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.

Hasil penelitian ini adalah: (1) perencanaan pembelajaran yang dilakukan guru adalah mengkaji silabus dan mengembangkan RPP sesuai dengan pedoman dari pemerintah; (2) pelaksanaan pembelajaran secara garis besar sesuai dengan perencanaan pembelajaran, telah menerapkan pendekatan saintifik, berorientasi pada keaktifan siswa, dan menyisipkan penilaian dan pendidikan sikap dan moral; (3) penilaian dilaksanakan berdasarkan ketentuan dari Kemendikbud; (4) kendala yang dihadapi guru adalah penyusunan RPP, keterbatasan sumber referensi, keterbatasan media pembelajaran, penilaian rumit dan kompleks; dan (5) upaya yang dilakukan guru adalah menyesuaikan pembelajaran dengan keadaan siswa, mencari sumber referensi dari internet, memaksimalkan MGMP Bahasa Indonesia dan mengembangkan kreativitas guru dalam mengajar.

Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan Kurikulum 2013 pada pembelajaran bahasa Indonesia masih diperlukan pengkajian kurikulum khususnya pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian sehingga pada pembelajaran Bahasa Indonesia terlaksana sesuai dengan konsep dan arahan Kurikulum 2013.

 

Kata kunci: Kurikulum 2013, Pembelajaran Bahasa Indonesia

×
Penulis Utama : Linda Windarti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1211034
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII (Studi Kasus di SMP Negeri 2 Weru)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Pendidikan Bahasa Indonesia-K1211034-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd.
2. Chait Ulya, M.pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.