Penulis Utama : Trisnoadi Wikantoro
NIM / NIP : M3116064
×

Abstrak

Sebagian besar antrean pelayanan publik pada era ini masih menggunakan sistem konvensional. Yaitu pencari layanan mendapatkan nomor antrean, menunggu, dan dilayani pada tempat yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan dan memungkinkan masyarakat untuk mengantre dari jarak jauh. Sehingga waktu yang awalnya digunakan untuk menunggu di tempat penyedia layanan dapat digunakan untuk melakukan hal lain yang lebih bermanfaat.
Berdasarkan kondisi di atas, perlu dibangun sebuah aplikasi yang menghubungkan antara penyedia layanan dan pencari layanan melalui jaringan internet yang dapat diakses oleh smartphone masing-masing pihak yang terlibat. Aplikasi ini berbasis Android dan web mobile yang dibuat dengan framework Ionic- React. Perancangan dan pembangunan aplikasi ini dilakukan dengan metode Waterfall yang terdiri dari tahap observasi dan pengumpulan data, analisis, perancangan sistem, pembuatan dan uji coba, serta kesimpulan dan saran.
Dari perancangan dan pembangunan yang telah dilakukan, dihasilkan sebuah aplikasi yang memiliki fitur-fitur dasar yang bisa digunakan untuk kegiatan antrean online. Aplikasi ini bisa dijalankan di peramban web serta Android dengan minimal sistem operasi Android 4.4 KitKat.

Kata kunci: Antrean, Daring, Android, Web

 

×
Penulis Utama : Trisnoadi Wikantoro
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M3116064
Tahun : 2020
Judul : Rancang Bangun Aplikasi Antrean Online Realtime Untuk Berbagai Industri
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Ilmu Komputer Teknik Informatika
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi, Prog. Studi Informatika-M3116064-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nanang Maulana Yoeseph, S.Si., M.Cs.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.