Penulis Utama : Dea Intan Puspasari
NIM / NIP : K1212016
×

ABSTRAK

Dea Intan Puspasari. K1212016. KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL NEGERI VAN ORANJE KARYA WAHYUNINGRAT, DKK SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Maret 2020.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) Aspek psikologi sastra dalam novel Negeri Van Oranje karya  Wahyuningrat, dkk. (2) Nilai-nilai pendidikan karakter yang dapat diteladani dari tokoh dalam novel Negeri Van Oranje karya  Wahyuningrat, dkk. (3) Relevansi novel Negeri Van Oranje karya  Wahyuningrat, dkk sebagai bahan pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan psikologi sastra. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis dokumen dan wawancara. Teknik validitas data menggunakan triangulasi teori dan sumber data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis interaktif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kelima tokoh utama dalam nove Negeri van Oranje berasal dari latar belakang yang berbeda-beda. Hal tersebut membentuk struktur kepribadian atau kejiwaan tokoh pada novel ini juga bervariasi. Meski begitu, ada saat di mana para tokoh memunculkan gejala id, ego, atau superego yang sama saat merespon suatu konflik, karena konflik tersebut berpengaruh dan berkaitan satu sama lain. (2) nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada novel Negeri van Oranje di antaranya yaitu cinta tanah air, kreatif, kerja keras, cinta damai, mandiri, jujur, rasa ingin tahu, tanggung jawab, mengargai prestasi, dan bersahabat/komunikatif. Nilai-nilai tersebut dapat ditemukan pada perilaku atau karakter tokoh dalam narasi cerita. (3) novel Negeri van Oranje relevan dijadikan bahan ajar sastra di SMA ditinjau dari segi kesesuaian dengan materi pada SK, KI, KD. Selain itu novel ini juga relevan karena memenuhi syarat dari segi kebahasaan, psikologis, dan latar budaya.

Kata kunci: Psikologi Sastra, Novel, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Sastra.

×
Penulis Utama : Dea Intan Puspasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1212016
Tahun : 2020
Judul : Kajian Psikologi Sastra dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Negeri Van Oranje Karya Wahyuningrat, dkk serta Relevansinya Sebagai Bahan Pembelajaran Sastra di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Pendidikan Bahasa Indonesia-K1212016-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budhi Setiawan, M.Pd
2. Drs. Slamet Mulyono, M. Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.