Penulis Utama : Achmad Nurhatif
NIM / NIP : M3117001
×

Abstrak

GLX Cam merupakan usaha yang bergerak  dalam  penyediaan  jasa  rental  kamera  di  Kabupaten  Magelang. Seiring berjalannya waktu, permintaan dari pelanggan semakin meningkat, sehingga berdampak pada proses pengelolaan data transaksi persewaan yang ada di usaha rental kamera GLX Cam menjadi sedikit terkendala, seperti kekeliruan dalam pencatatan data dan kesulitan dalam melakukan pencarian data. Semua itu karena proses pencatatan data persewaan masih dilakukan manual menggunakan buku, sehingga masih perlu proses pengelolaan data persewaan yang lebih baik.

Solusi  yang diberikan  untuk  masalah  tersebut  adalah  dibuatnya  sistem informasi jasa rental kamera dan fotografi berbasis web untuk membantu dalam mengelola  pencaatan data  persewaan  dan  untuk  melakukan pemesanan  secara online. Pembuatan sistem informasi ini menggunakan metode waterfall. Sistem informasi jasa rental kamera dan fotografi dibuat dengan menggunakan framework CodeIgniter, MySQL sebagai basis datanya dan bahasa pemrograman PHP.

Sistem informasi ini memiliki dua aktor, yaitu admin dan user. Admin adalah aktor yang dapat mengelola data pemesanan, data barang, data paket fotografi dibagian back-end. Sedangkan user adalah aktor yang dapat melakukan pemesanan barang atau paket fotografi di bagian front-end. Sistem informasi ini dapat digunakan sebagai sarana untuk membantu mengelola usaha rental kamera dan fotografi bagi pemilik usaha GLX Cam. Selain itu juga dapat melakukan pemesanan menggunakan cart dan dapat mengecek jadwal ketersediaan barang atau paket fotografi.

Kata kunci : Kamera, Rental, Foto.

 

×
Penulis Utama : Achmad Nurhatif
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M3117001
Tahun : 2020
Judul : Sistem Informasi Jasa Rental Kamera dan Fotografi Berbasis Web (Studi Kasus: Usaha Rental Kamera Glx Cam Magelang)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Ilmu Komputer Teknik Informatika
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi, Prog. Studi Informatika-M3117001-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Muhammad Asri Safi’ie S.Si, M.Kom
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.