Penulis Utama : Achmad Cahyo Nugroho
NIM / NIP : K1215002
×

ABSTRAK

Achmad Cahyo Nugroho. K1215002. DISFEMIA DAN EUFEMIA DALAM BUKU PELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH MENENGAH ATAS DAN DAMPAK KOMUNIKASI. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Februari 2020.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) bentuk disfemia dalam wacana di buku pelajaran bahasa Indonesia Sekolah Menengah Atas; (2) bentuk eufemia dalam wacana di buku pelajaran bahasa Indonesia Sekolah Menengah Atas; dan (3) dampak penggunaan disfemia dan eufemia di buku pelajaran bahasa Indonesia terhadap siswa di Sekolah Menengah Atas.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah analisis isi. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis dokumen dan wawancara dengan informan. Validitas data menggunakan triangulasi teori dan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan analisis interaktif.

Hasil penelitian antara lain: (1) penggunaan disfemia dalam buku Bahasa Indonesia tingkat Sekolah Menengah Atas digunakan untuk memberikan variasi kebahasaan dalam wacana di buku tersebut, terdapat 23 bentuk penerapan disfemia dengan perincian 14 data yang berbentuk kata, aspek frasa sebanyak 7 data, dan aspek kalimat berjumlah 2 data; (2) terdapat 21 bentuk penerapan eufemia dengan perincian 14 data yang berbentuk kata, dan aspek frasa sebanyak 7 data; (3) dampak dari penggunaan disfemia dan eufemia dalam wacana di buku pelajaran Bahasa Indonesia terhadap siswa kurang berdampak baik. Hal ini didasarkan karena siswa kurang bisa memahami kalimat yang mengandung perubahan makna

Kata kunci: Disfemia, Eufemia, Buku Pelajaran.

×
Penulis Utama : Achmad Cahyo Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1215002
Tahun : 2020
Judul : Disfemia dan Eufemia dalam Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Atas dan Dampak Komunikasi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Pendidikan Bahasa Indonesia-K1215002-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd
2. Dr. Kundharu Saddhono, M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.