Penulis Utama : Nurudin Mahmud Zinki
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3314038
Tahun : 2020
Judul : Penggunaan Problem Solving Dilengkapi LKS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar pada Kesetimbangan Kimia di Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2019/ 2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Prog Studi Pendidikan Kimia-K3314038-2020
Subyek : PROBLEM SOLVING, LKS, BERPIKIR KRITIS, PRESTASI BELAJAR, KESETIMBANGAN KIMIA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Banyudono tahun pelajaran 2019/2020 melalui penggunaan model pembelajaran problem solving dilengkapi LKS pada materi Kesetimbangan Kimia.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Banyudono tahun pelajaran 2019/2020. Sumber data adalah siswa, guru, dan puspendik. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Penggunaan model pembelajaran problem solving dilengkapi LKS dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Banyudono. Persentase kemampuan berpikir kritis pada prasiklus sebesar 25% indikator yang tercapai dan meningkat pada siklus I menjadi 100?ngan ketuntasan siswa 100%.  Peningkatan terjadi karena adanya LKS yang membantu siswa dalam mengkonstruksi pengetahuan dengan  arahan  terstruktur sehingga dapat  menstimulasi  siswa belajar aktif dalam pembelajaran yang bermakna dan bermanfaat. 2) Penggunaan model pembelajaran problem solving dilengkapi LKS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X1 MIPA 1 SMA Negeri 1 Banyudono. Ditunjukkan dari aspek pengetahuan pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar sebesar 54?n pada siklus II meningkat menjadi 86%. Aspek sikap ketercapaian pada siklus I sebesar 100%, sedangkan aspek keterampilan pada siklis I sebesar 100% sehingga hanya dilakukan pada siklus I. Peningkatan prestasi belajar terjadi seiring dengan meningkatnya kemampuan berpikir kritis siswa, karena memberikan pengaruh kepada siswa dalam memahami materi dan menyelesaikan persoalan pada materi kesetimbangan kimia yang terkait.

Kata kunci:  Problem Solving, LKS, Berpikir Kritis, Prestasi Belajar, Kesetimbangan Kimia

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan Publikasi.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Budi Utami,S.Pd.M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP