Penulis Utama : Anggi Sulistiawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M3117013
Tahun : 2020
Judul : Rancang Bangun Media Pembelajaran 3D Anatomi Tubuh Manusia Studi Kasus Urinaria
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi, Prog. Studi Informatika-M3117013-2020
Subyek : VIRTUAL REALITY, 3D, ANATOMI TUBUH MANUSIA, SISTEM URINARIA.
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Anatomi adalah suatu ilmu yang mempelajari struktur suatu bagian tubuh dan keterkaitan  dengan  bagian  tubuh  yang  lain.  Anatomi tubuh  tersusun  dari  sel, jaringan, organ, dan sistem organ. Sistem organ merupakan bagian yang menyusun tubuh manusia. Sistem ini terdiri atas berbagai jenis organ, yang memiliki struktur dan fungsi yang khusus. Ada 12 sistem organ pada anatomi tubuh, 5 diantaranya yaitu sistem pernapasan, sistem saraf, sistem pencernaan, sistem reproduksi dan sistem urinaria.
Pembelajaran anatomi tubuh manusia menjadi materi penting yang harus dipelajari dalam Pendidikan Kesehatan salah satunya pada jurusan ilmu kedokteran. Media pembelajaran yang saat ini digunakan yaitu melalui bagian tubuh manusia yang telah diawetkan secara langsung, namun hal ini menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan manusia. Oleh karena itu, dibutuhkan media pembelajaran yang interaktif untuk membantu mahasiswa mempelajari materi anatomi tubuh manusia mengenai salah satu sistem organ urinaria dengan menggunakan teknologi virtual Reality.
Adapun metode yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini yaitu Multimedia Development Life Cycle versi Luther-Sutopo yang terdiri dari 6 tahap. Konsep (Concept), Perancangan (Desain), Pengumpulan Bahan (Material Collecting), Pembuatan (Assembly), Pengujian (Testing) dan Distribusi (Distribution).
Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi multimedia yang menyajikan objek materi anatomi tubuh manusia terutama pada sistem organ urinaria dalam bentuk visual 3D. Diharapkan dengan adanya aplikasi virtual reality ini dapat memudahkan mahasiswa dalam mempelajari materi anatomi tubuh secara real-time.

 

Kata Kunci : Virtual Reality, 3D, Anatomi Tubuh Manusia, Sistem Urinaria.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Fendi Aji Purnomo, S.Si, M.Eng
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi