Penulis Utama : Cindy Anastasia
NIM / NIP : G0015048
×

ABSTRAK


Latar Belakang: Gastroesophageal reflux disease (GERD) merupakan penyakit yang umum ditemukan berupa naiknya asam lambung ke esofagus dan dapat menimbulkan berbagai manifestasi yang tidak terbatas hanya pada esofagus, namun juga terjadi ekstraesofageal diantaranya erosi gigi. Erosi gigi dapat menyebabkan hipersensitivitas hingga hilangnya gigi yang terkena, namun tidak menunjukkan gejala pada fase awal. Gastroesophageal reflux disease questionnaire (GERDQ) adalah instrumen yang mudah digunakan untuk mendiagnosis GERD berdasarkan gejala yang dirasakan oleh pasien meliputi frekuensi heartburn dan regurgitasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh skor GERDQ terhadap erosi gigi.

Metode: Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional dengan metode deskriptif observasional komparatif. Penelitian dilakukan di Poliklinik Gigi dan Mulut RSUD Moewardi Surakarta dan Poliklinik Gigi Medical Center UNS dari 5 Desember 2019 hingga 5 Februari 2020. Sampel terdiri dari 53 orang pasien berusia >17 tahun, tidak memiliki bruxism, diabetes melitus, sindrom Sjogrën, gangguan makan, dan tidak sedang hamil. Skor GERDQ diperoleh melalui pengisian kuesioner. Erosi gigi dikonfirmasi dengan pemeriksaan langsung oleh dokter gigi dan peneliti dan diukur keparahannya menggunakan indeks Eccles menjadi N1, N2, dan N3. Analisis data skor GERDQ dan kejadian serta keparahan erosi gigi diuji menggunakan uji beda Mann-Whitney. Uji Fisher-exact test digunakan untuk mengetahui pengaruh keluhan GERD terhadap erosi gigi.

Hasil: Angka keluhan GERD (skor GERDQ?8) sebesar 5,66%, dan angka kejadian erosi gigi didapatkan sebesar 43,4%. Tidak didapatkan perbedaan skor GERDQ yang signifikan (p=0,86) antara kelompok “Erosi” (5,87±1,254) dan kelompok “Tidak Erosi” (5,67±1,028) serta kelompok erosi dengan tingkat keparahan N1 dan N2 (p=0,97). Tidak ditemukan subjek dengan erosi tingkat N3. Tidak ada perbedaan keluhan GERD pada subjek yang mengalami erosi dan tanpa erosi gigi (p=0,76).

Simpulan: Skor GERDQ tidak berpengaruh terhadap kejadian dan keparahan erosi gigi.
Kata Kunci : Gastroesophageal Reflux Disease (GERD), Gastroesophageal Reflux Disease Questionnaire (GERDQ), erosi gigi

 

×
Penulis Utama : Cindy Anastasia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0015048
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Skor Gastroesophageal Reflux Disease Questionnaire terhadap Erosi Gigi pada Pasien Poliklinik Gigi dan Mulut di RSUD Moewardi dan Medical Center UNS
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Kedokteran - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran, Prog. Studi Kedokteran - G0015048-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Widia Susanti, drg., M.Kes
2. Heni Hastuti, dr., MPH
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.