Penulis Utama : Anjelika Margareta
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M3117016
Tahun : 2020
Judul : Rancang Bangun Aplikasi Exam dengan Metode Analisis Butir Soal
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi, Prog. Studi Informatika-M3117016-2020
Subyek : UJIAN, ANALISIS BUTIR SOAL, TINGKAT KESULITAN, DAYA PEMBEDA, DISTRAKTOR, GURU, PESERTA UJIAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Tujuan dari sistem yang akan dibuat ini adalah untuk memudahkan guru mengetahui tingkat kesulitan soal yang dikerjakan peserta ujian, serta memudahkan peserta ujian melihat informasi hasil ujian lulus atau tidak berdasarkan nilai yang diperoleh sebagai acuan untuk mengerjakan soal ujian ulang.

Metode yang digunakan  dalam penelitian ini adalah  analisis butir soal kuantatif. Penelaahan soal secara kuantitatif adalah penelaahan butir soal didasarkan pada bukti empirik.

Tingkat kesukaran dinyatakan dalam indeks kesukaran (dificulty index), adalah angka yang menunjukkan proporsi siswa yang menjawab benar soal tersebut. Semakin besar indeks tingkat kesukaran yang diperoleh dan hasil hitungan, berarti semakin mudah soal itu. Semakin tinggi koefisien daya pembeda suatu butir soal, semakin mampu butir soal tersebut membedakan antara peerta didik yang menguasai kompetensi dengan peserta didik yang kurang menguasai kompetensi.

Instrumen evaluasi yang berbentuk tes dan objektif, selain harus memenuhi syarat-syarat yang telah disebutkan terdahulu, harus mempunyai distraktor yang efektif. Yang disebut dengan distraktor atau pengecoh adalah opsi-opsi yang bukan merupakan kunci jawaban (jawaban benar).

Butir soal yang baik pengecohnya akan dipilih secara merata oleh peserta didik yang menjawab salah. Sebaliknya, butir soal yang kurang baik, pengecohnya akan dipilih secara tidak merata.

Penelitian ini akan diawali dengan membuat proses bisnis dari pembuatan soal ujian hingga hasil akhir nilai ujian. Sebelum membuat perancangan aplikasi diperlukan tabel Kebutuhan Fungsional Sistem. Selanjutnya, dalam perancangan aplikasi yang pertama yaitu Usecase Diagram dan Skenario Usecase. Setelah itu membuat Class Diagram dan Sequence Diagram. Setelah perancangan selesai, lalu membuat rancangan database dengan ERD (Entity Relationship Diagram), Relasi

 

Antar Tabel, dan Perancangan Tabel. Kemudian membuat desain User Interface. Setelah itu, sistem diuji dengan metode Blackbox.

Hasil penelitian pada tugas akhir Rancang Bangun Aplikasi Exam Dengan Metode Analisis Butir Soal adalah sistem yang berasal dari perancangan aplikasi dan perancangan database yang telah diimplementasikan untuk menganalisis butir soal ujian berdasarkan bobot yang telah ditentukan pada setiap opsi jawaban.

Kata kunci : Ujian, Analisis Butir Soal, Tingkat Kesulitan, Daya Pembeda, Distraktor, Guru, Peserta Ujian

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yudho Yudhanto, S.Kom, M.Kom
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi