Penulis Utama : Bagus Juniarto Wibowo
NIM / NIP : K1216016
×

ABSTRAK

Bagus Juniarto Wibowo. K1216016. ANALISIS STRUKTURAL NOVEL AROMA KARSA KARYA DEE LESTARI DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MATERI AJAR SASTRA KELAS XII SMA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Mei 2020.

            Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) unsur intrinsik (alur, tema, amanat, tokoh dan penokohan, latar, serta sudut pandang) pada novel Aroma Karsa karya Dee Lestari; (2) hubungan antarunsur intrinsik pada novel Aroma Karsa karya Dee Lestari; (3) pemanfaatan analisis struktural pada novel Aroma Karsa karya Dee Lestari sebagai materi ajar sastra kelas XII SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, menggunakan pendekatan struktural sastra. Sumber data dalam penelitian ini adalah dokumen novel Aroma Karsa karya Dee Lestari dengan data berupa kata-kata verbal yaitu paparan dari pernyataan tokoh-tokoh yang berupa dialog dan monolog, serta narasi yang terdapat dalam novel Aroma Karsa karya Dee”Lestari. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan_data yang digunakan yaitu dengan cara analisis dokumen dan wawancara. Peneliti menggunakan triangulasi teori dan sumber data sebagai uji validitas data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Flow Model Analysis (teknik analisis mengalir).

Hasil penelitian ini dapat dikemukakan bahwa 1) terdapat  unsur intrinsik novel Aroma Karsa karya Dee Lestari meliputi tema utama adalah aroma dan tema tambahan; Alur dalam novel Aroma Karsa menggunakan alur campuran; Tokoh utama dari novel Aroma Karsa karya Dee Lestari adalah Jati dan terdapat banyak tokoh tambahan yang diceritakan detail dan turut membangun cerita; Latar yang terdapat dalam Novel Aroma Karsa ialah latar tempat, latar waktu, latar sosial, dan latar suasana; Sudut pandang yang digunakan dalam novel Aroma Karsa karya Dee Lestari adalah sudut pandang orang ketiga serba tahu atau maha tahu; 2) Setiap unsur yang terdapat dalam novel Aroma Karsa karya Dee Lestari memiliki hubungan dan tidak dapat berdiri sendiri. Unsur-unsur dalam novel Aroma Karsa karya Dee Lestari memiliki hubungan yang saling mendukung. Hubungan tersebut meliputi, hubungan antara tokoh dengan tema, tokoh dengan latar, tokoh dengan alur, latar dengan alur, latar dengan tema; 3) Novel Aroma Karsa karya Dee Lestari dapat dimanfaatkan sebagai materi ajar sastra kelas XII SMA menggunakan metode Jigsaw, Talking Sticking dan lain-lain.

Kata kunci: Novel, Struktural, Unsur Intrinsik, Materi Ajar Sastra.

×
Penulis Utama : Bagus Juniarto Wibowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1216016
Tahun : 2020
Judul : Analisis Struktural Novel Aroma Karsa Karya Dee Lestari dan Pemanfaatannya Sebagai Materi Ajar Sastra Kelas XII SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Pendidikan Bahasa Indonesia-K1216016-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Andayani, M.Pd
2. Sri Hastuti, S.S.,M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.