Penulis Utama : Elisabeth Nova Kurniasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0017058
Tahun : 2020
Judul : Hubungan Triceps Skinfold Thickness dengan Body Fat Pada Anak Usia Sekolah di Panti Asuhan Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Kedokteran - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran, Prog. Studi Kedokteran - G0017058-2020
Subyek : TRICEPS SKINFOLD THICKNESS, BODY FAT, ANAK USIA SEKOLAH, OBESITAS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK


Latar Belakang: Prevalensi global obesitas di kalangan anak dan remaja mengalami peningkatan. Obesitas pada anak dan remaja dapat menyebabkan berbagai komplikasi dan dapat mempengaruhi kesehatan di masa dewasa. Terdapat berbagai metode untuk menilai obesitas, salah satunya dengan mengukur persentase body fat. Antropometri seperti skinfold thickness dapat digunakan sebagai alternatif yang lebih terjangkau. Terdapat hubungan dua arah antara triceps skinfold thickness dan body fat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan triceps skinfold thickness dengan body fat pada anak usia sekolah.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan menggunakan desain studi cross sectional. Subjek penelitian sebanyak 73 anak yang berusia 6-18 tahun. Variabel terikat berupa body fat diukur menggunakan Bioelectrical Impedance Analysis (BIA) kemudian dikelompokkan menjadi normal, overweight, dan obese. Variabel bebas triceps skinfold thickness diukur pada lipatan kulit bagian trisep. Data kemudian diolah menggunakan aplikasi statistik dan dianalisis menggunakan uji uji Spearman dan uji Chi Square.

Hasil: Dari 82 subjek penelitian, sebanyak 73 memenuhi kriteria inklusi dan tidak memenuhi kriteria eksklusi. Responden terdiri dari 43 laki-laki dan 30 perempuan. Terdapat korelasi positif dan kuat antara triceps skinfold thickness dengan body fat pada anak laki-laki (r=0,698, p=0,000) serta korelasi yang positif dan cukup pada anak perempuan (r=0,500, p=0,005) berusia 6-18 tahun. Terdapat korelasi positif dan sangat kuat antara triceps skinfold thickness dengan body fat pada anak laki- laki (r=0,810, p=0,000) serta korelasi positif dan cukup pada perempuan (r=0,496, p=0,007) berusia 10-18 tahun. Terdapat korelasi negatif dan cukup antara usia dengan body fat pada anak laki-laki (r = -0,425, p=0,005) dan perempuan (r = - 0,424, p=0,020). Tidak terdapat hubungan antara jenis kelamin, aktivitas fisik, dan tingkat depresi dengan body fat pada anak usia sekolah.

Kesimpulan: Triceps skinfold thickness memiliki hubungan yang positif dengan
body fat pada anak usia sekolah di panti asuhan Surakarta

Kata Kunci: Triceps Skinfold Thickness, Body Fat, Anak Usia Sekolah, Obesitas

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BEBAS PERPUSTAKAAN-G0017058-Skripsi-Elisabeth Nova Kurniasari2.pdf
Halaman Awal.pdf
Bab 1.pdf
Bab 2.pdf
Bab 3.pdf
Bab 4.pdf
Bab 5.pdf
Bab 6.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Annang Giri Moelyo, dr., Sp.A(K), M.Kes,
2. Sandi Nugraha, dr., Sp.A
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran