Penulis Utama : Putri Anjani
NIM / NIP : D1417026
×

ABSTRAK

Tujuan Kuliah Kerja Media (KKM) atau magang yang diselenggarakan oleh program studi D3 Komunikasi Terapan sebagai proses praktik pembelajaran serta persyaratan kelulusan untuk mendapatkan gelar Ahli Madya (A.Md). Penulis memilih melaksanakan kegiatan magang di sebuah stasiun televisi yaitu MNCTV yang beralamat di Jalan Kebon Sirih No. 17-19 Menteng, Jakarta Pusat. Penulis melaksanakan kegiatan magang selama dua bulan yang berlangsung sejak tanggal
20 Januari hingga 20 Maret 2020.

Menurut Andi Fachruddin (2012: 50) berita televisi adalah laporan tentang fakta peristiwa atau pendapat dalam tulisan atau narasi, audiovisual, gambar foto, peta, grafis, baik direkam atau live yang aktual, menarik, bermanfaat dan dipublikasikan melalui media massa periodik; surat kabar, majalah, radio, dan televisi. Proses produksi berita meliputi proses praproduksi, produksi dan pascaproduksi.
Dalam kegiatan magang ini penulis ditempatkan sebagai asisten produser pada program Lintas iNews Pagi Akhir Pekan dan berkesampatan mempelajari proses produksi news bulletin televisi. Penulis terlibat secara langsung mulai dari riset,  peliputan  berita,  penulisan  naskah,  dubbing,  editng  hingga  penayangan berita secara live di televisi.
Selama kurang lebih dua bulan melaksanakan kegiatan magang, penulis dapat menarik kesimpulan bahwa memproduksi sebuah berita memerulkan proses yang panjang dan tidak mudah. Dibutuhkan kerja sama tim yang baik, kecepatan dalam bekerja, kemampuan mengolah kata dalam membuat naskah berita, kreatifitas dan wawasan yang luas demi menghasilkan berita yang informatif serta menarik bagi masyarakat.

 

×
Penulis Utama : Putri Anjani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1417026
Tahun : 2020
Judul : Peran Asisten Produser dalam Proses Produksi News Bulletin Program Lintas iNews Pagi Akhir Pekan di MNCTV
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Penyiaran
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-D III Penyiaran-D1417026-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Joko Suranto S.Sn., M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.