Penulis Utama : Kamalia Ulfa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H 0416035
Tahun : 2020
Judul : MODEL PENGUATAN KELOMPOK TANI TERNAK MAKMUR DALAM MENINGKATKAN USAHA TERNAK SAPI PERAH DESA TAMBAK KECAMATAN MOJOSONGO KABUPATEN BOYOLALI
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak Pertanian - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Pertanian Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian-H 0416035-2020
Subyek : PENGUATAN KELOMPOK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Kamalia Ulfa. H0416035. “Model Penguatan Kelompok Tani Ternak Makmur dalam Meningkatkan Usaha Tenak Sapi Perah Desa Tambak Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali” dibimbing oleh Dr. Ir. Sugihardjo M.S dan Dr. Joko Winarno, M.Si. Fakultas Pertanian. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Pengembangan usaha ternak sapi perah tentunya tidak terlepas dari peranan kelompok peternak dalam mengupayakan usaha ternaknya agar mendapat nilai tambah serta efisien dalam pengelolaannya. Upaya yang perlu dikembangkan dalam membina dan memantapkan kelompok peternak adalah memperkuat kelembagaan ekonomi petani peternak di pedesaan. Melalui kelompok peternak sapi diharapkan para peternak dapat saling berinteraksi, sehingga mempunyai dampak saling membutuhkan, saling meningkatkan, saling memperkuat, sehingga akan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam mengelola sistem usaha peternakan sapi perah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal serta potensi dan upaya Kelompok Tani Ternak Makmur dalam mengembangkan usaha ternak sapi perahnya sehingga dapat mengkonstruksikan model pengutan Kelompok. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja di KTT Makmur Boyolali. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penentuan informan dilakukan dengan teknik proposive sampling dan validitas data diperoleh dengan teknik triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Berdasarkan hasil penelitian terdapat fakor internal dan faktor eksternal yang mendukung maupun menghambat keberjalanan kelompok. Potensi yang dimiliki kelompok adalah kelompok sudah sejak lama berjalan aktif sehingga anggota sudah terbiasa dengan kegiatan pemeliharaan sapi perah, cukup tersedianya pakan hijauan serta sudah adanya petugas peternakan. Adapun upaya yang dilakukan kelompok adalah pembenahan sarana prasarana, peningkatan kapasitas melalui pembinaan peternak, pemeriksaan kesehatan ternak, dan evaluasi kegiatan usaha ternak. Konstruksi model penguatan kelompok disusun berdasarkan potensi, harapan dan kebutuhan kelompok. Konstruksi model yang didapat yaitu melalui restuktur kelembagaan kelompok dan pengembangan usaha melalui pembibitan sapi perah.

Kata kunci : penguatan kelompok; peternakan; sapi perah; usaha ternak

 

 

 

 

 

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
a. halaman awal.pdf
b. BAB I.pdf
c. BAB II.pdf
d. BAB III.pdf
e. BAB IV.pdf
f. BAB V.pdf
g. BAB VI.pdf
h. DAFTAR PUSTAKA.pdf
BEBAS PERPUSTAKAAN-H0416035- skripsi - KAMALIA ULFA 2.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Sugihardjo M.S
2. Dr. Joko Winarno, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian