Penulis Utama : Ludhfi Ubaidillah
NIM / NIP : F3117029
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis dan menganalisis penyebab kerusakan produk furnitur di UD. Sentana Art Wood. Penelitian ini dilatar belakangi oleh penemuan studi lapangan bahwa terdapat masalah banyaknya kerusakan produk furnitur yang mengakibatkan waktu pengiriman barang ekspor mengalami kemunduran sehingga buyer akan membatalkan pesanan atau proforma order.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode six sigma dengan tahapan DMAIC (Define-Measure-Analyze-Improve-Control). Metode ini akan memudahkan dalam mengidentifikasi jenis kerusakan produk furnitur melalui CTQ (Critical to Quality), menganalisis penyebab dengan menggunakan diagram sebab akibat, dan memberikan usulan perbaikan melalui tahap improve.

Hasil penelitian ini diperoleh nilai sigma sebagai ukuran kinerja dari suatu proses yang berjalan saat ini yang nilainya sebesar 3,8 ? dan diperoleh dua belas CTQ (Critical to Quality) dengan penyebab yang paling dominan yaitu pada mutu bahan baku dari supplier yang sudah cacat dan lingkungan dengan cuaca yang tidak menentu saat musim hujan sehingga menyebabkan MC kayu masih tinggi. Usulan perbaikan yang dapat diberikan yaitu melakukan pengecekan kualitas bahan baku dari supplier, melakukan pengecekan MC kayu setelah proses pengovenan, dan mengawasi jalannya proses produksi.

Kata kunci: kualitas, six sigma, DMAIC

×
Penulis Utama : Ludhfi Ubaidillah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3117029
Tahun : 2020
Judul : Pengendalian Kualitas Produk Furnitur dengan Metode Six Sigma Dmaic di Ud. Sentana Art Wood Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Bisnis Internasional
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi Manajemen Perdagangan-F3117029-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sutanto, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.