Penulis Utama : Margareta Yantari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H 0416037
Tahun : 2020
Judul : PENGUATAN PARTISIPASI ANGGOTA KELOMPOK WANITA TANI (KWT) ORGANA GARDENIA DALAM PROGRAM KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI (KRPL) DI KELURAHAN NUSUKAN, KECAMATAN BANJARSARI, SURAKARTA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak Pertanian - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Pertanian Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian-H 0416037-2020
Subyek : PENGUATAN PARTISIPASI ANGGOTA KELOMPOK WANITA TANI (KWT) ORGANA GARDENIA DALAM PROGRAM KAWASAN RUMAH
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

RINGKASAN
Margareta Yantari. H0416037. 2020. Penguatan Partisipasi Anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) Organa Gardenia dalam Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Dibimbing oleh Dr. Ir. Sugihardjo, M.S. dan Dr. Joko Winarno, M.Si. Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian Fakutas Pertanian Universitas Sebelas Maret.
Program KRPL merupakan sebuah konsep lingkungan masyarakat secara bersama-sama mengusahakan lahan atau pekarangan sekitar untuk kegiatan budidaya sehingga dapat menjadi sumber pangan dalam memenuhi gizi masyarakat. Program ini dicanangkan oleh Kementerian Pertanian pada tahun 2011. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis proses atau upaya peningkatan partisipasi pelaksanaan program KRPL yang dilakukan KWT Organa Gardenia, (2) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi anggota KWT Organa Gardenia dalam program KRPL, (3) merumuskan rumusan model penguatan partisipasi dalam program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang lebih sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang menggunakan metode deskriptif. Lokasi penelitian di lakukan di RW 15 Kelurahan Nusukan, yaitu KWT Organa Gardenia. Penentuan informan dalam penelitian ini dilakukan secara purposive atau disengaja. Dengan informan kunci dalam penelitian ini, yaitu Kasi Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Surakarta, penyuluh atau pendamping lapang (PPL), ketua KWT Organa Gardenia, anggota KWT Organa Gardenia, dan informan lainnya, yaitu anggota yang aktif dan kurang aktif, serta warga yang tidak ikut kelompok. Metode analisis yang digunakan adalah Analysis Interactive Model dari Miles dan Huberman (2017), yaitu pengumpulan data (data collection), penyajian data (data display), reduksi data (data reduction), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi (conclutions). Penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses atau upaya peningkatan partisipasi pelaksanaan program KRPL yang dilakukan KWT Organa Gardenia yaitu sosialisasi dan pelatihan yang dilakukan setiap pertemuan rutin, serta pelaksanaan program KRPL adalah Kebun Bibit Daerah (KBD), demplot, kebun sekolah, kegiatan olahan pangan, dan pengembangan pekarangan anggota. Faktor-faktor yang mempengaruhi penguatan partisipasi anggota KWT Organa Gardenia yaitu pendidikan formal, pendidikan non formal, jenis pekerjaan, kepemimpinan dan komunikasi. Konstruksi model penguatan partisipasi anggota KWT Organa Gardenia dalam Program KRPL disusun berdasarkan kesadaran kelompok adalah model penguatan kelompok melalui penataan ulang struktur kelembagaan, pengetahuan kelompok adalah model penguatan kelompok melalui studi banding/kunjungan, pengalaman kelompok adalah model penguatan kelompok melalui kerjasama dengan ASITA (Asociation Of The Indonesian Tours & Travel Agencies).

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
ABSTRACT.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
BEBAS PERPUSTAKAAN-H0416037-Skripsi-Margareta Yantari2.pdf
Daftar Isi, Gambar, Tabel, dan Lampiran.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Sugihardjo, M.S.
2. Dr. Joko Winarno, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian