Penulis Utama : Sholaikah Lia Asmawati
NIM / NIP : D1417032
×

ABSTRAK

Tujuan Kuliah Kerja Media atau KKM sebagai persyaratan wajib kelulusan untuk memperoleh gelar A.Md, yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa tingkat akhir atau pada saat memasuki semester 6 Sekolah Vokasi UNS. Penulis memilih stasiun televisi keluarga PT. Indosiar Visual Mandiri atau yang lebih dikenal dengan Indosiar yang beralamat di Jalan Damai Nomor 11, Daan Mogot, Jakarta Barat. Penulis melaksanakan kegiatan KKM selama kurang lebih 2 bulan yang berlangsung mulai tanggal 20 Januari hingga 17 Maret 2020.
Alasan penulis memilih Indosiar sebagai lokasi kegiatan KKM adalah karena penulis ingin mengetahui bagaimana proses produksi suatu program berita yang disiarkan secara live maupun tapping. Selain itu, Indosiar yang memiliki program-program unggulan pencarian bakat atau  lebih kerap dipandang sebagai stasiun televisi yang berfokus pada program hiburan, ternyata masih menyiarkan program berita untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat.
Menurut (Latief & Utud, 2015) dalam buku Siaran Televisi Non-Drama, production assistant atau dikenal asisten produksi adalah petugas dalam membantu PD (program Director) dalam melaksanakan produksi dan dapat berfungsi sebagai sekretaris serta juru bicara PD (Program Director). PA yang merupakan tangan kanan Poduser, merupakan seorang yang memiliki tugas banyak mulai dari pra-produksi, produksi, dan paska produksi.
Selama kurang lebih dua bulan pelaksanaan kegiatan KKM, penulis menarik kesimpulan bahwa peran Production Assistant sangatlah penting dalam proses produksi karena seorang PA bisa dibilang tangan kanan Produser, jadi seorang PA harus mengerti semua kebutuhan saat produksi.
 

 

×
Penulis Utama : Sholaikah Lia Asmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1417032
Tahun : 2020
Judul : Peran Production Assistant Indonesia Viral dalam Program Berita di Indosiar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Penyiaran
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-D III Penyiaran-D1417032-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Dwi Tiyanto, S.U.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.