Penulis Utama : Yulia Purnamarusi Karomah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0416073
Tahun : 2020
Judul : Persepsi Petani terhadap Aplikasi Regopantes sebagai Penunjang Program Petani Go Online di Desa Wonokerso Kecamatan Limpung Kabupaten Batang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak Pertanian - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Pertanian Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian-H0416073-2020
Subyek :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

RINGKASAN
Yulia Purnamarusi Karomah. H0416073. Persepsi Petani terhadap Aplikasi RegoPantes sebagai Penunjang Program Petani Go Online di Desa Wonokerso Kecamatan Limpung Kabupaten Batang. Fakultas Pertanian. Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Penelitian ini dibawah bimbingan Prof. Dr. Ir. Suwarto, M.Si dan Dr. Suminah, M.Si.
Perlunya keseimbangan antara kontribusi sektor pertanian dengan kebutuhan pangan yang terus meningkat, dunia pertanian mengadopsi istilah Revolusi Industri 4.0 yaitu pertanian dengan basis internet untuk memudahkan petani dalam melakukan usahataninya.  Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika  bersama beberapa stakeholder pengembang aplikasi pertanian mengembangkan program Petani ¬Go Online untuk mendorong pemanfaatan teknologi agar mampu meningkatkan kesejahteraan petani Indonesia. Aplikasi RegoPantes merupakan salahsatu aplikasi implementasi pelaksanaan program Petani Go Online (PGO) yang digunakan petani dalam pemasaran hasil taninya. Salah satu tujuan aplikasi tersebut adalah untuk memperpendek rantai perdagangan hasil pertanian.
Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui faktor-faktor pembentuk persepsi petani terhadap aplikasi RegoPantes sebagai penunjang program Petani Go Online di Desa Wonokerso, 2) menganalisis persepsi petani terhadap aplikasi RegoPantes sebagai penunjang program Petani Go Online di Desa Wonokerso, 3) menganalisis hubungan antara faktor-faktor pembentuk persepsi petani dengan persepsi petani terhadap aplikasi RegoPantes sebagai penunjang program Petani Go Online di Desa Wonokerso, 4) mengetahui perbedaan persepsi antara pengurus kelompok tani dengan anggota kelompok tani di Desa Wonokerso mengenai aplikasi RegoPantes sebagai penunjang program Petani Go Online. Populasi dalam penelitian ini meliputi petani yang tergabung dalam kelompok tani di Desa Wonokerso yang berperan dalam penggunaan aplikasi RegoPantes. 53 responden diambil sebagai sampel yang ditentukan menggunakan teknik sensus. Analisis data menggunakan lebar interval, analisis Rank Spearman dan analisis U-Mann Whitney dengan program IBM SPSS Statistics 21.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi petani terhadap aplikasi RegoPantes antara lain: pendidikan formal, pendidikan non formal, pengalaman individu, harapan, akses informasi, dan kedudukan petani dalam kelompok tani. Persepsi petani baik terhadap kegiatan mengunggah produk, persiapan penjualan produk, pengiriman produk, dan penerimaan hasil penjualan, sedangkan persepsi petani netral terhadap besaran permintaan produk. Faktor-faktor yang memiliki hubungan sangat signifikan dengan persepsi petani terhadap aplikasi RegoPantes yaitu harapan dan akses informasi. Faktor yang berhubungan signifikan dengan persepsi petani terhadap aplikasi tersebut adalah pendidikan non formal, sedangkan yang tidak berhubungan signifikan yaitu pendidikan formal dan pengalaman individu.

 

File Dokumen Tugas Akhir : Tidak ada file.
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ir. Suwarto, M.Si
2. Dr. Suminah, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian