Penulis Utama : Mikail Cesario A
NIM / NIP : E0016274
×

ABSTRAK
Mikail Cesario A. E0016274. 2020. EFEKTIVITAS UNDANG-UNDANG PASAR MODAL TERHADAP PERLINDUNGAN HUKUM INVESTOR DALAM MANIPULASI PASAR MODAL DI PASAR MODAL INDONESIA. Fakultas Hukum, Universitas Sebelas Maret.
Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui apakah Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal sudah efektif atau belum terhadap perlindungan hukum investor dalam manipulasi pasar modal di Indonesia dan mengetahui bentuk perlindungan hukum yang diberikan oleh Undang-Undang Pasar Modal terhadap investor dalam praktik manipulasi pasar
Metodologi dan penelitian hukum ini merupakan penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif. Pendekatan penelitian yang penulis gunakan adalah pendekatan perundang-undangan dengan sumber data diperoleh melalui data sekunder. Data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan, yaitu peraturan tentang pasar modal, buku, jurnal dan artikel ilmiah. penerapan sanksi yang ada belum efektif karena sampai saat ini tidak memberikan efek jera pada pelakunya. 
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, penulis mendapatkan kesimpulan bahwa peraturan dan pelaksanaan perlindungan hukum bagi investor terkait dengan manipulasi pasar masih belum efektif. Hal ini dapat dilihat dari 3 indikator yang menurut penulis belum tercapai berdasarkan teori Anthony Allot. UUPM belum dapat mencegah terjadinya perbuatan yang dilarang, penyelesaian dari sengketa yang belum maksimal, dan aturan untuk memfasilitasi kebutuhan untuk melindungi investor belum efektif. Selain itu perlindungan hukum terhadap investor terbagi menjadi 2 (dua) upaya yaitu represif dan preventif. Tetapi perlindungan bagi investor terhadap manipulasi pasar, masih belum dilindungi dengan maksimal baik dari segi peraturan maupun implementasinya. Pemerintah bersama DPR perlu merevisi UUPM dan pembuatan peraturan baru terkait  dana pengganti kerugian kepada investor serta mekanisme penangangan kejahatan manipulasi pasar yang sampai saat ini belum ada.

×
Penulis Utama : Mikail Cesario A
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0016274
Tahun : 2020
Judul : Efektivitas Undang-Undang Pasar Modal Terhadap Perlindungan Hukum Investor Dalam Manipulasi Pasar Di Pasar Modal Indonesia
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Hukum - 2020
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS- Fak. Hukum, Jur. Ilmu Hukum- E0016274-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Yudho Taruno Muryanto, S.H., M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.