Penulis Utama : Sri Timor
NIM / NIP : F3117058
×

ABSTRAKSI

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis risiko dan dampak yang terjadi akibat keterlambatan proses produksi yang mempengaruhi serangkaian proses supply chain selama proses ekspor dan mengidentifikasi penyebab terjadinya keterlambatan produksi oleh supplier serta melakukan penanganan bagi akibat masalah tersebut. Tujuan penelitian ini memberikan pemahaman kepada pihak CV. Dollar Furniture untuk melakukan penanganan risiko dengan tepat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode fishbone diagrams. Metode ini berfungsi untuk melihat sebab akibat atas sebuah permasalahan yang diidentifikasi dan disimpulkan dengan metode analisis deskriptif kualitatif.

Hasil dari penelitian ini adalah analisis Fisbone Diagrams yang menghasilkan potensi risiko pada supply chain management akibat keterlambatan keterlambatan   proses   produksi   dan   memunculkan  potensi   dampak   yang merugikan seperti mundurnya waktu pengerjaan divisi lainnya, kualitas produk menjadi kurang baik serta adanya klaim dari buyer. Selain itu analisis dengan menggunakan Fisbhone Diagrams juga mengidentifikasi terdapatnya faktor-faktor penyebab keterlambatan  proses  produksi  oleh  supplier  seperti faktor  man, methode, machine dan unpredicable cause yang menimbulkan keterlambatan penyelesaian produk setengah jadi yang tidak sesuai dengan tanggal jatuh tempo penyelesaian. Hasil tersebut digunaankan unuk  melakukan strategi penanganan agar dapat meminimalisir risiko yang berdampak buruk bagi CV. Dollar Furniture dimasa mendatang.

Kata Kunci : keterlambatan proses produksi, supply chain management, fishbone diagram

×
Penulis Utama : Sri Timor
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3117058
Tahun : 2020
Judul : Identifikasi Potensi Risiko dan Potensi Dampak Keterlambatan Proses Produksi Terhadap Supply Chain Management pada Cv. Dollar Furniture
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Bisnis Internasional
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi Manajemen Perdagangan-F3117058-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dewi Ismoyowati, S.E, M.Ec.Dev.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.