Penulis Utama : Felya Tri Kusumawati
NIM / NIP : M3117041
×

Abstrak

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat memacu berkembangnya berbagai aspek dalam kehidupan, salah satunya dalam bidang pendidikan. Perkembangan tersebut telah berpengaruh pada isi materi dan dalam proses belajar mengajar. Selain itu, pada proses belajar mengajar seringkali anak kurang tertarik terhadap apa yang sedang disampaikan oleh guru karena kurang menariknya media yang digunakan. Siswa sekolah dasar memerlukan sarana untuk membantu dalam proses  pembelajaran, seperti permainan yang bernilai edukatif. Untuk  itu perlu ada pengembangan dan inovasi dalam dunia permainan anak-anak khususnya siswa sekolah dasar yaitu permainan edukatif yang berbasis teknologi Augmented Reality.


Pembuatan Game Edukasi Augmented Reality Pengenalan Pancaindra Dalam Mendukung Mata Pelajaran IPA Tingkat Siswa Sekolah Dasar Berbasis Android dirancang dengan menggunakan metode studi pustaka yaitu mencari referensikurikulum pembelajaran yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan di Sekolah Dasar. Pembuatan Game Edukasi Augmented Reality dilakukan menggunakan beberapa software seperti Unity3D, Vuforia, Blender, Adobe Illustrator, dan Adobe Audition.


Penelitian ini menghasilkan aplikasi multimedia sebagai media pembelajaran berbasis game untuk siswa sekolah dasar (kelas 1 SD) tentang pengenalan pancaindra. Dengan adanya aplikasi tersebut, diharapkan menjadi salah satu alternatif media pembelajaran berbasis game yang dapat meningkatkan motivasi bagi anak usia dini yang menarik, menyenangkan, dan mudah dipahami.

Penelitian ini berdasarkan hasil pengujian fungsional aplikasi dapat berjalan sesuai dengan fungsinya. Berdasarkan hasil pengujian penerimaan perangkat dapat digunakan pada pencahayaan terang dengan jarak kamera ke marker 10 – 40 cm serta dengan sudut pandang kamera ke marker sebesar 300 - 600 agar objek terdeteksi dengan baik.

Kata Kunci : Augmented Reality, Game Edukasi, Pancaindera

 

×
Penulis Utama : Felya Tri Kusumawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M3117041
Tahun : 2020
Judul : Pembuatan Game Mengenal Pancaindera (GEMPI) Berbasis Android
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Ilmu Komputer Teknik Informatika
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi, Prog. Studi Informatika-M3117041-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Taufiqurrakhman Nur Hidayat, S.Kom., M.Cs
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.