Penulis Utama : Galih Wahyu Pambudi
NIM / NIP : M3117044
×

Abstrak

Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang dirancang untuk melaksanakan aktivitas belajar siswa dibawah pengawasan guru. SMA Negeri 1 Widodaren Ngawi sebagai salah satu lembaga pendidikan, tentunya memiliki data akademik untuk mendukung proses belajar mengajar. Data akademik tersebut meliputi pengelolaan data master, pengelolaan data jadwal pelajaran, pengelolaan data nilai, dan pengelolaan data presensi. Dalam pengelolaan data masih dilakukan secara manual menggunakan kertas maupun aplikasi pengolah data sehingga dinilai kurang efisien dalam pengerjaannya.
Di sisi lain, pesatnya perkembangan teknologi informasi di masa sekarang dinilai mampu menangani banyak permasalahan. Pemanfaatan teknologi dalam melakukan berbagai kegiatan dianggap mampu memberikan kemudahan bagi manusia. Selain itu, penerapan teknologi dapat mendukung dan meningkatkan efisiensi serta memungkinkan pekerjaan dilakukan di mana saja.
Dari permasalahan diatas, dapat disimpulkan bahwa dibutuhkan penerapan teknologi yang dapat membantu dalam pengelolaan data akademik di SMA Negeri 1 Widodaren Ngawi secara daring. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, maka diperlukan penerapan sistem informasi yang bernama SMART IT EDUCATION UNS. Sistem ini merupakan aplikasi pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berbasis web yang dapat diakses oleh guru, administrator, dan siswa. Metode yang digunakan dalam pembuatan sistem informasi ini yaitu dengan metode prototype. Dengan dibangunnya sistem informasi ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dan meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan data dan dalam penyampaian informasi terkait dengan pelatihan.

Kata kunci : Sistem Informasi, Teknologi, Pendidikan, Data Akademik, Sie Uns

 

×
Penulis Utama : Galih Wahyu Pambudi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M3117044
Tahun : 2020
Judul : Rancang Bangun Sistem Informasi Smart IT Education UNS Di SMA Negeri 1 Widodaren Ngawi Berbasis Web
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Ilmu Komputer Teknik Informatika
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi, Prog. Studi Informatika-M3117044-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yudho Yudhanto, S.Kom, M.Kom
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.