Penulis Utama : Zulkhifar Rizky A
NIM / NIP : H0714165
×

Sub-DAS Serang adalah salah satu kawasan yang memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi. Kondisi ini membuat Sub-DAS Serang memiliki jenis tanaman yang beragam. Hal tersebut tentunya membuat kadar emisi karbon dan karbon tanah pada kawasan Sub-DAS Serang memiliki nilai yang berbeda-beda. Studi ini tentang perhitungan emisi karbon dan karbon tanah pada kebun campuran, hutan Taman Nasional Gunung Merbabu dan Tegalan. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui besaran nilai emisi karbon dan karbon tanah pada kebun campuran, hutan Taman Nasional Gunung Merbabu dan Tegalan di Sub-DAS Serang.

Penelitian ini dilakukan mulai bulan September 2018 – April 2019 di Sub-DAS Serang Hulu Daerah Tangkapan Waduk (DTW) Kedung Ombo Provinsi Jawa Tengah yang secara administratif terletak di wilayah Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang, Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali dan di laboratorium Kimia Tanah Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey yang bersifat deskriptif-eksploratif dengan Stratified-Purposive Sampling. Ekploratif bertujuan untuk mencari data mengenai emisi karbon dan karbon tanah yang tersimpan pada  tanah dan diskriptif bertujuan untuk mengkaji data yang nantinya akan didapat. Data yang diamati untuk penelitian ini yaitu meliputi emisi karbon dan karbon tanah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebun campuran memiliki nilai emisi karbon dan karbon tanah lebih tinggi dibandingkan dengan hutan Taman Nasional Gunung Merbabu dan tegalan, yaitu kebun campuran berbasis tanaman durian, kebun campuran berbasis sengon tanaman bawah rumput, kebun campuran berbasis kayu tanaman bawah talas dan kebun campuran berbasis tanaman cengkeh.

 

 

 

 

×
Penulis Utama : Zulkhifar Rizky A
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0714165
Tahun : 2020
Judul : Penilaian Emisi Karbon dan Karbon Tanah Pada Beberapa Tipe Tegakan Kebun Campuran di Tanah Andosol (Studi Sub Das Serang Provinsi Jawa Tengah)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak Pertanian - 2020
Program Studi : S-1 Agroekoteknologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Pertanian Program Studi Agroteknologi-H0714165-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Jaka Suyana M.Si
2. Dwi Priyo Ariyanto S.P., M.Sc. Ph.D
Penguji :
Catatan Umum : Validasi bambang
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.