Penulis Utama : Ronald Wisnu Anggoro
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M3117081
Tahun : 2020
Judul : Rancang Bangun Media Pembelajaran 3D Anatomi Tubuh Manusia Studi Kasus (Sistem Jantung)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi, Prog. Studi Informatika-M3117081-2020
Subyek : VIRTUAL REALITY, 3D, ANATOMI TUBUH MANUSIA, SISTEM JANTUNG, MEDIA PEMBELAJARAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Dalam jurusan ilmu kedokteran terdapat ilmu yang disebut Anatomi fisiologi yang mempelajari struktur organ, bagaimana organ bekerja, serta keterkaitan dengan organ tubuh lainnya. Ilmu ini sangat penting untuk dipelajari khususnya materi sistem organ vital pada tubuh manusia, seperti sistem otak, pernafasan, jantung, urinaria, serta reproduksi. Pembelajaran materi anatomi tubuh manusia yang paling baik secara umum membutuhkan media bagian tubuh manusia yang sudah diawetkan. Namun metode tersebut menimbulkan isu kesehatan ketika terlalu lama berinteraksi dengan bahan kimia pengawet yang terdapat pada organ.
Seiring berkembangnya teknologi terdapat metode pembelajaran lain yang dirasa lebih efisien serta menghilangkan dampak negatif, tanpa harus kehilangan nilai esensial materi anatomi yaitu teknologi virtual reality. Teknologi virtual reality merupakan salah satu metode yang menarik dan dianggap efektif, seseorang mampu belajar kapan saja dan di mana saja hanya dengan  smartphone. Dalam penelitian ini penulis mengembangkan aplikasi berbasis virtual reality yang berfokus pada sistem organ jantung manusia. Adapun metode yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini yaitu Multimedia Development Life Cycle versi Luther-Sutopo yang terdiri dari 6 tahap. Konsep (Concept), Perancangan (Desain), Pengumpulan Bahan (Material Collecting), Pembuatan (Assembly), Pengujian (Testing) dan Distribusi (Distribution).
Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan menghasilkan aplikasi multimedia virtual reality yang menampilkan objek materi organ penting tubuh manusia, khususnya organ jantung dalam bentuk 3D yang dipajang dalam satu ruangan khusus sehingga organ tersebut dapat di pelajari secara mendalam tanpa harus menggunakan organ aslinya. Aplikasi dilengkapi dengan fungsi penanda serta soal-soal yang diharapkan mempermudah pengguna khususnya mahasiswa untuk mempelajari sistem organ secara virtual.

Kata Kunci  : Virtual Reality, 3D, Anatomi Tubuh Manusia, Sistem Jantung.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Fendi Aji Purnomo, S.Si, M.Eng
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Sekolah Vokasi