Penulis Utama : Istiqomah Listiyaningrum
NIM / NIP : E0016221
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian keterangan ahli kedokteran jiwa pada pembuktian penuntut umum terhadap perkara pembunuhan yang dilakukan oleh pengidap skizofrenia paranoid dengan Pasal 184 ayat (1) KUHAP serta kesesuaian pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan lepas dari segala tuntutan hukum dalam perkara pembunuhan tersebut dengan Pasal 183 jo Pasal 191 ayat (2) KUHAP.
Penulisan hukum ini menggunakan jenis penelitian normatif yang bersifat preskriptif dan terapan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan studi kasus (case study). Bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Penulis menggunakan teknik pengumpulan bahan hukum studi kepustakaan (library research). Metode analisis bahan hukum menggunakan metode deduksi silogisme. Kasus yang dikaji pada Putusan Pengadilan Negeri Medan Nomor: 2353/Pid.B/2018/PN.Mdn
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa keterangan para ahli kedokteran jiwa yang dihadirkan dalam persidangan dalam pembuktian penuntut umum pada perkara pembunuhan yang terdakwanya pengidap skizofrenia paranoid tersebut adalah sah untuk dijadikan sebagai alat bukti sesuai dengan Pasal 184 ayat (1) KUHAP. Selain itu, dasar pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan dalam perkara telah sesuai dengan Pasal 183 jo Pasal 191 ayat (2) KUHAP. Pertimbangan Hakim berdasar minimal 2 alat bukti yang sah tersebut menjadikan keyakinan Hakim untuk memutuskan Terdakwa bersalah melakukan tindak pidana pembunuhan namun tidak dapat dipidana karena adanya alasan pemaaf. Pada akhirnya hakim menjatuhkan putusan terdakwa lepas dari segala tuntutan hukum dan memerintahkan agar terdakwa segera dikeluarkan dari dalam tahanan untuk dirawat di Rumah Sakit Jiwa.

×
Penulis Utama : Istiqomah Listiyaningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0016221
Tahun : 2020
Judul : Keterangan Ahli Pada Pembuktian Penuntut Umum Dan Pertimbangan Hakim Dalam Memutus Perkara Pembunuhan Yang Dilakukan Oleh Pengidap Skizofrenia Paranoid (Studi Putusan Nomor 2353/Pid.b/2018/Pn.Mdn)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Hukum - 2020
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS- Fak. Hukum, Jur. Ilmu Hukum- E0016221-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Wahyuningsih Yulianti, S.H.,M.H
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.