Penulis Utama : Sella Fernanda
NIM / NIP : M3117086
×

Koperasi merupakan usaha berbadan hukum yang berdiri di Indonesia yang banyak melakukan transaksi administrasi. Sehingga komputerisasi dalam bidang administrasi sangat penting untuk menunjang kelancaran seluruh transaksi yang dilakukan oleh koperasi, sehingga dapat memberikan pelayanan transaksi yang cepat, tepat, akurat, dan efisien. Salah satu penerapan sistem komputerisasi adalah pada koperasi penjualan dan pembelian barang yang dilakukan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo.
Sistem komputerisasi pada koperasi Bank Indonesia Solo menggunakan aplikasi desktop yang dapat melakukan transaksi pembelian/restok barang, penjualan offline dan manajemen data barang. Anggota koperasi dapat melakukan pembelian barang dengan datang langsung ke koperasi dan untuk pengadaan barang dilakukan dengan melakukan pencatatan secara manual. Pada sistem ini akan dikembangkan menjadi sistem informasi berbasis website dengan menambahkan sistem penjualan online, pengadaan barang (by order), retur beli, manajemen data hutang piutang, manajemen data laba rugi, serta laporan.
Dari permasalahan yang ditemui maka dibuatlah Sistem Informasi Penjualan dan Pembelian Barang dengan teknologi sebagai berikut: Sistem menggunakan bahasa pemrograman PHP, framework Codeigniter, database MySQL, dan Apache  webserver.
Output yang akan dikeluarkan oleh sistem ini adalah laporan data stok, laporan laba rugi, laporan hutang piutang, dan invoice.
Hasil uji coba dari Sistem Informasi Koperasi Penjualan dan Pembelian Barang adalah sebagai berikut: semua fungsi dapat berjalan dengan baik, fitur dan tampilan telah sesuai dengan harapan dari pihak Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo.

Kata kunci : koperasi penjualan dan pembelian barang, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, kopebi, koperasi BI    

 

×
Penulis Utama : Sella Fernanda
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M3117086
Tahun : 2020
Judul : Sistem Informasi Penjualan Dan Pembelian Barang (Studi Kasus : Koperasi Bank Indonesia Solo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Ilmu Komputer Teknik Informatika
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi, Prog. Studi Informatika-M3117086-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Berliana Kusuma Riasti, S.T., M.Eng
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.