Penulis Utama : Isnu Dyah Larasati
NIM / NIP : E0016220
×

ABSTRAK

ISNU DYAH LARASATI, E0016220. 2020. PELAKSANAAN ASAS TERJANGKAU DALAM PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP (PTSL) DI KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN PURWOREJO. Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.  
Penelitian ini mendeskripsikan dan mengkaji permasalahan, pertama kajian atas pelaksanaan asas terjangkau di Kantor Pertanahan Kabupaten Purworejo. Kedua, hambatan yang timbul dalam Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) terkait dengan asas terjangkau dan solusinya. 
Penelitian hukum ini merupakan penelitian hukum normatif bersifat preskriptif. Jenis data yang digunakan yaitu data sekunder. Sumber data sekunder yang digunakan yaitu bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi kepustakaan (library research) yaitu teknik pengumpulan data dengan mengkaji dan mempelajari literatur, buku-buku, peraturan perundang-undangan, dokumen, dan hasil penelitian lainnya yang ada hubungannya dengan permasalahan yang diteliti. Beberapa data dimintakan klarifikasi kepada pegawai Kantor Pertanahan Kabupaten Purworejo. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan metode deduksi silogisme.
Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan yaitu yang pertama  asas terjangkau belum dilaksanakan di Kantor Pertanahan Kabupaten Purworejo dibuktikan dengan banyaknya masyarakat Kabupaten Purworejo yang tidak mendaftarakan tanahnya dikarenakan beban biaya yang dibebankan kepada masyarakat masih terbilang mahal. Kedua, mengenai hambatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) ysng berkaitan dengan asas terjangkau terdiri dari kemampuan ekonomi masyarakat, tingkat kesadaran masyarakat, dan kondisi di lapangan. 

×
Penulis Utama : Isnu Dyah Larasati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0016220
Tahun : 2020
Judul : Pelaksanaan Asas Terjangkau Dalam Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap Di Kantor Pertanahan Kabupaten Purworejo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Hukum - 2020
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS- Fak. Hukum, Jur. Ilmu Hukum- E0016220-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Lego Karjoko, S.H., M.H
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.