Penulis Utama : Arifah Husna
NIM / NIP : H0716019
×

Padi beras hitam adalah salah satu jenis padi yang memiliki kandungan gizi yang tak kalah tinggi dengan padi beras putih maupun padi warna lainnya. Namun keunggulan dan kandungan gizi yang banyak terkandung dalam padi hitam tidak serta merta membuat padi hitam banyak dibudidayakan. Rendahnya minat budidaya padi hitam juga disebabkan oleh kendala produksi di lapangan  seperti hasil tanaman yang masih rendah, umur tanaman yang lama, dan postur tubuh tanaman padi hitam yang lebih tinggi dibandingkan dengan tanaman padi putih. Kelemahan-kelemahan yang dimiliki padi hitam dapat di perbaiki melalui perbaikan sifat genetik tanaman berupa pemuliaan tanaman modern, salah satunya dengan pemuliaan mutasi menggunakan induksi radiasi sinar gamma. Kegiatan pemuliaan tanaman pada tanaman padi juga melalui proses pegujian dan seleksi tanaman di lapangan. Seleksi dan pengujian lapang tanaman hasil mutasi dilakukan hingga generasi ke-5 selanjutnya dapat diuji daya hasil pendahuluan dan uji daya hasil lanjutan untuk kemudian dapat dikeluarkan menjadi varietas baru.
Penelitian ini dilaksanakan di Lahan Pertanian Desa Pakahan, kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten, provinsi Jawa Tengah pada bulan Juli hingga Desember 2019. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode eksperimental. Rancangan lingkungan yang digunakan yaitu Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) dengan faktor tunggal. Faktor yang digunakan adalah galur yang meliputi 6 galur harapan mutan umur pendek padi hitam dan 3 varietas pembanding dengan 4 kali pengulangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa galur-galur harapan memilki hasil yang lebih baik dari varietas-varietas pembanding. Galur harapan yang memiliki daya hasil tertinggi tinggi adalah 51. Galur harapan 51 memilki produktivitas perhektar sebesar 9,5 ton. Galur harapan 8 dan galur harapan 13 merupakan galur harapan yang memiliki umur panen paling pendek dan tergolong genjah. Galur-galur harapan yang diuji dalam penelitian uji daya hasil pendahuluan mutan umur pendek hasil iradiasi sinar gamma ini dapat dikembangkan lagi dan dapat dilakukan uji daya hasil lanjutan untuk selanjutnya dapat dikembangkan menjadi varietas baru.

 

 

×
Penulis Utama : Arifah Husna
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0716019
Tahun : 2020
Judul : Uji Daya Hasil Pendahuluan Galur Harapan Mutan Umur Pendek Padi Hitam Hasil Iradiasi Sinar Gamma
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak Pertanian - 2020
Program Studi : S-1 Agroekoteknologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Pertanian Program Studi Agroteknologi-H0716019 -2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Nandariyah, M.S
2. Dr. Ir. Endang Yuniastuti, M.Si
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.