Penulis Utama : Andika Kusuma Atmaja
NIM / NIP : R0017014
×

Latar Belakang         :  Tempat  kerja  memiliki  potensi  bahaya  kebakaran  dan peledakan sehingga diperlukan upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran agar tidak terjadi kecelakaan kerja dengan menyediakan sarana pemadam kebakaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran evaluasi penyediaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan fire hydrant di PT Clariant Adsorbents Indonesia Plant Cimapag, Sukabumi.

Metode           : Jenis penelitian ini adalah observasional/survey dengan metode deskriptif yaitu menggambarkan tentang penyediaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR)  dan  fire  hydrant  di  perusahaan.  Pengambilan  data  penelitian  ini dilakukan dengan cara observasi langsung, wawancara dengan tenaga kerja, serta studi kepustakaan.

Hasil               :   Telah   dilakukan   identifikasi   potensi   bahaya   yang   dapat menyebabkan kebakaran dan peledakan. Telah dibentuk tim tanggap darurat yang mempunyai tugas dan tanggung jawab masing-masing. Telah disediakan sarana pemadam kebakaran Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan fire hydrant, tetapi terdapat  penempatan  APAR  yang  kurang  sesuai  dan  penyediaan  kelengkapan kotak hydrant yang belum lengkap.

Simpulan      : Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa PT Clariant Adsorbents Indonesia Plant Cimapag Sukabumi dalam penempatan APAR dan penyediaan kelengkapan kotak hydrant belum sesuai dengan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No : PER.04/MEN/1980 dan SNI 03-1745-2000.

Kata kunci     : Kebakaran, APAR, Fire Hydrant

 

×
Penulis Utama : Andika Kusuma Atmaja
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0017014
Tahun : 2020
Judul : Evaluasi Penyediaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan Fire Hydrant dalam upaya Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran di PT. Clariant Adsorbents Indonesia Plant Cimapag Sukabumi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi, Prog. Studi DIV Hiperkes dan Keselamatan Kerja - R0017014-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yeremia Rante Ada’, S.Sos., M.Kes.,
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.