Penulis Utama : Bonita Donela Nefre Titi
NIM / NIP : R0017026
×

Latar Belakang: PT Terminal Petikemas Nusantara merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan fasilitas terminal petikemas dimana dalam kegiatan operasionalnya menggunakan salah satu alat angkat yaitu RTG. Dalam pengoperasian RTG terdapat beberapa kejadian yang disebabkan karena human error yang berpotensi mengakibatkan kecelakaan kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis probabilitas human error pada pengoperasian RTG dengan menggunakan metode SPAR-H dan FTA di PT Terminal Petikemas Nusantara.

Metode: Jenis penelitian ini adalah observasional. Pendekatan yang digunakan dalam pengambilan data yaitu pendekatan kualitatif melalui observasi dan wawancara mendalam (indepth interview) serta  memberikan kuesioner kepada Expert Judgment. Penelitian ini bersifat deskriptif, karena penelitian bertujuan utama mendeskripsikan suatu keadaan subjektif tentang analisis probabilitas human error pada pengoperasian RTG dengan menggunakan metode SPAR-H dan FTA.

Hasil: Berdasarkan hasil penelitian menggunakan Metode SPAR-H nilai HEP tertinggi terdapat pada 5 task dengan nilai HEP yaitu 0.18440 dan tidak ada factor dependency  high. Serta diperoleh 5 jenis risk rating high yang memiliki 3 akibat yang sama yaitu kerusakan pada petikemas, sehingga dari akibat tersebut dapat diidentifikasi pola kegagalan dengan menggunakan FTA.

Simpulan: Nilai HEP bernilai tinggi disebabkan  karena stress yang dialami pekerja tinggi, serta kerumitan dalam menjalankan tugas tinggi dan tidak ada nilai  dependency high sehingga hasil ini tidak membawa dampak terhadap kegiatan sebelum/sesudahnya. Berdasarkan hasil identifikasi pola kegagalan menggunakan metode FTA diperoleh basic event dari kerusakan petikemas merupakan human error.

 

Kata Kunci: Human Error, Pengoperasian RTG, Standardized Plant Analysis Risk Human Reliability Assessment (SPAR-H), Fault Tree Analysis (FTA).

 

×
Penulis Utama : Bonita Donela Nefre Titi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0017026
Tahun : 2020
Judul : Analisis Probabilitas Human Error pada Pengoperasian Rubber Tyred Gantry (RTG) dengan Metode Spar-H dan Fta di PT Terminal Petikemas Nusantara
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi, Prog. Studi DIV Hiperkes dan Keselamatan Kerja - R0017026-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Ipop Sjarifah, M.Si,
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.