Penulis Utama : Dita Ayu Rahmadani
NIM / NIP : R0017035
×

Latar Belakang :Penggunaan forklift dan crane sangat diperlukan dengan tujuan efektivitas dan efisiensi operasioal. Dalam penggunaanya memiliki potensi bahaya yang dapat menyebabkan kecelakaan kerja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui potensi bahaya dan upaya keselamatan serta penerapan yang dilakukan perusahaan pada penggunaan forklift dan crane.

Metode :Penelitian ini menggunakan metode diskripstif untuk menggambarkan penerapan peraturan keselamatan kerja pada sistem pengoperasian forklift dan crane di Divisi Tempa Cor dan Alat Perkeretaapian. Sumber data yang diperoleh berasal dari wawancara, observasi lingkungan kerja dan dokumen-dokumen dari perusahaan.

Hasil :Perusahaan telah melakukan upaya keselamatan dalam pengoperasian forklift dan crane seperti halnya membuat identifikasi bahaya yang nantinya dapat dilakukan pengendalian untuk menghindari terjadinya kecelakaan kerja. Namun dalam penerapannya belum sesuai dengan peraturan. Ketidaksesuaian ini berasal dari perilaku pekerja yang tidak aman dan kondisi lingkungan kerja yang tidak aman.

Simpulan :Penerapan peraturan keselamatan pada pengoperasian forklift dan crane terdapat beberapa hal yang belum sesuai dengan peraturan yang perlu dilakukan perbaikan seperti perlu adanya sosialisasi kepada pekerja untuk meningkatkan keselamatan dalam bekerja dan dilakukan perbaikan tempat kerja dengan mengutamakan unsur keselamatan.

Kata kunci : Peraturan Keselamatan Kerja, Pengoperasian Forklift dan Crane

 

×
Penulis Utama : Dita Ayu Rahmadani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0017035
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Peraturan Keselamatan Kerja pada Sistem Pengoperasian Forklift dan Crane di PT. Pindad (Persero) Bandung Jawa Barat
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi, Prog. Studi DIV Hiperkes dan Keselamatan Kerja - R0017035-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Reni Wijayanti, dr, M.Sc
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.