Penulis Utama : Aprilina Rosati Nugrahini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M0116006
Tahun : 2020
Judul : Skema Network Coding Pada Graf Lollipop dan Graf Wheel
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. MIPA - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. MIPA, Prog. Studi Matematik-M0116006-2020
Subyek : NETWORK CODING, GRAF LOLLIPOP, GRAF WHEEL
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Teknologi informasi dan ilmu pengetahuan di dunia saat ini berkembang sangat pesat. Perkembangan teknologi tersebut berpengaruh hampir di semua aspek kehidupan manusia, seperti pengiriman dan penyimpanan data. Salah sa-tunya, teknologi dalam pengiriman paket data dari source node ke sink node melewati intermediate nodes dalam suatu network. Hal tersebut mengakibatkan munculnya bidang penelitian baru yaitu network coding. Network coding merupa-kan suatu metode pengiriman data pada network yang mengacu pada skema dimana informasi pada sebuah node diperbolehkan untuk menghasilkan sebuah data output dengan proses encoding dan decoding. Topik network coding ber-kembang cukup signifikan dalam komunitas riset. Topik network coding bersifat interdispliner, salah satunya melibatkan teori graf. Salah satu pengaplikasian network coding yang melibatkan teori graf adalah menentukan skema network coding dari suatu graf dengan menggunakan konsep-konsep network coding.

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh skema, kernel, dan sifat-sifat network coding pada graf L4;2 dan graf W5 serta memudahkan mencari skema acyclic network yang dikonstruksikan pada graf lain dengan menggunakan pro-gram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan ske-ma L4;2 acyclic network, kernel local encoding, kernel global encoding dimana skema tersebut mempunyai sifat linear multicast, linear broadcast, dan tidak linear dispersion dan skema W5 acyclic network, kernel local encoding, kernel global encoding dimana skema tersebut mempunyai sifat linear multicast, linear broadcast, dan linear dispersion. Diperoleh skema L4;2 dan W5 cyclic network, ker-nel local encoding, dan kernel global encoding serta trellis network dari skema W5 cyclic network. Selain itu dikonstruksikan program untuk menggeneralisasi pen-carian kernel global encoding pada skema acyclic network yang dikonstruksikan pada graf lain.

Kata Kunci: Network Coding, Graf Lollipop, Graf Wheel

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Surat Pernyataan Publikasi.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Putranto Hadi Utomo, S.Si., M.Si
2. Drs. Pangadi, M.Si
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. MIPA