Penulis Utama : Annisa Suci Tho'atin
NIM / NIP : F3317007
×

ABSTRAK

Penelitian  ini  bertujuan  untuk:  (1)   mengetahui syarat dan rukun akad produk murabahah  pada KSPPS BMT Tumang Cabang Surakarta, (2) mengetahui contoh kasus yang terjadi pada produk pembiayaan murabahah pada KSPPS BMT Tumang Cabang Surakarta, (3) mengetahui implementasi produk pembiayaan murabahah  pada KSPPS BMT Tumang Cabang Surakarta.

Dalam  penulisan Tugas Akhir  ini, penulis melakukan pengamatan langsung pada kantor KSPPS BMT Tumang Cabang Surakarta yang berlokasi di Jalan Brigjend Sudiarto 5/2, Joyosuran, Pasar Kliwon, Surakarta. Data diperoleh dari Pedoman Akad Syariah BMT dan data nasabah yang melakukan pembiayaan murabahah. Selain itu, data juga diperoleh dengan melakukan wawancara terhadap Manajer Cabang dan bagian Marketing  Finance.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)  syarat dan rukun akad produk pembiayaan murabahah pada KSPPS BMT Tumang Cabang Surakarta pad a pen er a pan nya sudah sesuai kaidah yang berlaku dan telah memenuhi rukun dan syarat berdasarkan prinsip jual beli, (2) contoh kasus yang terjadi pada pembiayaan murabahah terdapat beberapa aturan, diantaranya BMT membayar uang muka pembelian barang,  BMT membelikan barang dengan sah dan bebas riba, menyampaikan semua hal tentang objek pembiayaan, Anggota membayar kepada BMT sesuai kesepakatan, dan dapat diwakilkan untuk membelikan barang, (3) dalam implementasi atau penerapan pembiayaan murabahah telah sesuai dengan aturan-aturan syariah yang berlaku yakni fatwa DSN MUI Tentang Murabahah No.04/DSN-MUI/IV/2000.

Kata Kunci : Pembiayaan, Murabahah,  KSPPS BMT Tumang Cabang Surakarta

×
Penulis Utama : Annisa Suci Tho'atin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3317007
Tahun : 2020
Judul : Analisis Produk Pembiayaan Murabahah pada KSPPS BMT Tumang Cabang Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi Studi Akuntansi-F3317007-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Andi Asrihapsari, S.E.,M.Sc., Ak.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.