Penulis Utama : Ayuningrum
NIM / NIP : F3317009
×

ABSTRAK

Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui penerapan sistem akuntansi penggajian pada UD Gangsar Rahayu kemudian diadakan evaluasi dengan membandingkan teori sistem akuntansi penggajian yang sesungguhnya serta memperbaiki informasi yang dihasilkan oleh sistem yang sudah ada, baik mengenai mutu, ketepatan penyajian, maupun struktur informasi untuk meningkatkan efektivitas pengendalian intern sistem penggajian pada UD Gangsar Rahayu.

Sumber data yang digunakan adalah data primer dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data digunakan teknik deskriptif kualitatif yaitu dengan cara mendeskripsikan sistem akuntansi penggajian meliputi fungsi yang terkait, dokumen yang digunakan, catatan akuntansi, jaringan prosedur serta unsur pengendalian internal yang diterapkan pada perusahaan.

Perusahaan ini bergerak dalam bidang produksi kayu dan bidang penjualan kendaraan. Berdasarkan hasil penelitian, sistem akuntansi penggajian pada UD Gangsar Rahayu belum efektif, hal ini bisa dilihat tidak adanya fungsi keuangan yang berfungsi mengatur gaji pegawai dan fungsi akuntansi yang mencatat bukti kas keluar mengenai transaksi pembayaran gaji, terjadi perangkapan tugas untuk prosedur pembuat daftar gaji juga melakukan pembayaran gaji belum dilakukan secara terpisah. Dalam proses presensi karyawan sampai dengan pembayaran gaji karyawan UD Gangsar Rahayu belum menggunakan sistem komputerisasi.

Kata Kunci: Sistem, Sistem Akuntansi Penggajian, Pengendalian intern

×
Penulis Utama : Ayuningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3317009
Tahun : 2020
Judul : Evaluasi Sistem Akuntansi Penggajian Karyawan pada Ud Gangsar Rahayu di Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi Studi AKuntansi-F3317009-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Andi Asrihapsari, S.E.,M.Sc., Ak.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.