Penulis Utama : Bagas Damar Pradewo
NIM / NIP : F3317010
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sistem informasi akuntansi penjualan yang diterapkan di BRKHCLOTH. Rekomendasi yang diberikan setelah evaluasi berupa rancangan sistem aplikasi  penjualan berbasis Visual Basic.

Penelitian ini dilakukan dengan cara menganalisis kelemahan dari sistem yang berjalan di perusahaan. Data dari analisis digunakan sebagai bahan pengembangan sistem yang baru.perancangan aplikasi meliputi desain database,desain tampilan, dan kemudian memasukkan kode Visual Basic ke dalam aplikasi. Informasi yang digunakan dalam penelitian diperoleh melalui wawancara yang dilakukan dengan pemilik perusahaan.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem informasi akuntansi penjualan yang berjalan di BRKHCLOTH masih memiliki berbagai kelemahan. Hal ini mengakibatkan berkurangnya efisiensi manajemen data dalam siklus penjualan, kelemahan terletak  pada fungsi akuntansi, dimana pencatatan dilakukan secara manual di chat grup Whatsap. Hal tersebut menyebabkan sulitnya mengorganisir data pesanan yang telah diterima. Pencatatan  yang berbasis pengeluaran dan pemasukan harian juga   mengakibatkan sulitnya pencarian data pesanan terdahulu, dan kesulitan menentukan biaya produksi suatu pesanan.Keterbatasan informasi yang dimiliki BRKHCLOTH mengakibatkan pihak manajemen tidak memiliki data untuk diolah menjadi sebuah laporan perusahaan

Dengan desain aplikasi sistem informasi akuntansi penjualan yang baru, informasi terkait siklus   penjualan dapat disajikan secara lengkap. Sistem penjualan di BRKHCLOTH menjadi berjalan dengan lebih efisien. Aplikasi juga dapat menampilkan laporan pesanan dan laporan laba/rugi perusahaan yang dapat digunakan oleh manajemen sebagai bahan pengambilan keputusan.

Kata Kunci : Sistem Informasi Akuntansi, Sistem Penjualan, Aplikasi, Visual Basic

×
Penulis Utama : Bagas Damar Pradewo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3317010
Tahun : 2020
Judul : Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Penjualan pada Brkhcloth
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi Studi Akuntansi-F3317010-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Renata Zoraifi , SE.,Ak., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.