Penulis Utama : Dinda Raras Perbawati
NIM / NIP : E0016131
×

ABSTRAK

Dinda Raras Perbawati, E0016131. 2020. PELAKSANAAN PERAN PENGAWASAN OLEH INSPEKTORAT DAERAH TERHADAP DANA DESA (Studi Kasus di Kantor Inspektorat Kabupaten Boyolali). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret.

Penulisan Hukum ini mendeskripsikan dan mengkaji mengenai pelaksanaan peran pengawasan yang dilakukan oleh Inspektorat terhadap objek pemeriksaan berupa dana desa, pertama adalah apakah pelaksanaan pengawasan dana desa oleh inspektorat daerah telah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2017 Tentang Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Kemudian yang kedua, Faktor-faktor apakah yang menjadi penghambat terhadap peran inspektorat daerah dalam melakukan pengawasan terhadap dana desa. 

Penelitian ini merupakan penelitian normatif atau doctrinal yang dilakukan dengan mengolah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan studi dokumen atau bahan pustaka, instrument penelitian berupa hasil wawancara yang dilakukan dengan Inspektorat Kabupaten Boyolali. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan peran pengawasan yang dilakukan oleh Inspektorat terhadap objek pemeriksaan berupa dana desa telah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2017 Tentang Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dengan melaksanakan tahap perencanaan, tahap pemeriksaan, tahap penyusunan laporan. Namun dalam pelaksanaan pengawasan terkait dana desa masih terdapat berbagai hambatan yaitu keterbatasan waktu, keterbatasan sumber daya manusia yang ada, kurangnya pemahaman dan kesadaran perangkat daerah dalam melengkapi administrasi..

 

Kata Kunci : PELAKSANAAN, PENGAWASAN, INSPEKTORAT DAERAH, DANA DES

×
Penulis Utama : Dinda Raras Perbawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0016131
Tahun : 2020
Judul : Pelaksanaan peran pengawasan oleh inspektorat daerah terhadap dana desa (studi kasus di kantor inspektorat kabupaten boyolali)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Hukum - 2020
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS- Fak. Hukum, Jur. Ilmu Hukum- E0016131-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Wida Astuti S.H.,M.H
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.