Penulis Utama : Erika Dewi Maharani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3317018
Tahun : 2020
Judul : Implementasi Pencatatan Laporan Keuangan Berbasis Sak Emkm pada Umkm Menggunakan Aplikasi Si Apik (Studi Kasus pada Karya Moeda Stone dan Dot Comp)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi Studi AKuntansi-F3317018-2020
Subyek : LAPORAN KEUANGAN, UMKM, SAK EMKM, APLIKASI SI APIK
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil dan Menengah (SAK EMKM) merupakan salah satu standar akuntansi yang disusun untuk memenuhi kebutuhan pelaporan keuangan UMKM di Indonesia. Dengan tingginya tingkat pertumbuhan UMKM dan besarnya kontribusi untuk pertumbuhan dan perkembangan perekonomian di Indonesia, SAK EMKM diharapkan dapat membantu UMKM dalam menyusun laporan keuangannya secara tepat. Praktik pencatatan laporan keuangan UMKM seringkali tidak sesuai dengan SAK EMKM, seperti yang terjadi pada UMKM Karya Moeda Stone di Gunungkidul yang bergerak di bidang manufaktur dan UMKM Dot Comp di Jakarta yang bergerak di bidang perdagangan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan rancangan sistem informasi akuntansi baru yang lebih sederhana dan membantu pelaku UMKM dalam menyususn laporan keuangannya sesuai dengan SAK EMKM menggunakan aplikasi berbasis Android SI APIK. Dengan tersusunnya laporan keuangan yang sesuai dengan SAK EMKM diharapkan UMKM dapat dengan mudah memperoleh akses pendanaan untuk usahanya.

Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Peneliti menggunakan pendekatan studi kasus dengan metode analisis deskriptif. Pengambilan data penelitian ini dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian, Karya Moeda Stone dan Dot Comp belum melakukan pencatatan laporan keuangan yang sesuai dengan SAK EMKM dan masih melakukan pencatatan secara manual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aplikasi SI APIK dapat membantu Karya Moeda Stone dan Dot Comp dalam menyusun laporan keuangan sesuai dengan SAK EMKM.

Berdasarkan Penelitian yang dilakukan, penulis merekomendasikan kepada UMKM Karya Moeda Stone dan Dot Comp untuk menggunakan aplikasi SI APIK dalam melakukan pencatatan laporan keuangannya agar dapat menyusun laporan keuangan yang sesuai dengan SAK EMKM secara mudah dan sederhana.

Kata Kunci: Laporan Keuangan, UMKM, SAK EMKM, Aplikasi SI APIK

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN JUDUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Perenyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Muhammad Syafiqurrahman, S.E., M.M., Ak., CA
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi