Penulis Utama : Dhea Hafifa Nanda
NIM / NIP : E0016124
×

ABSTRAK  
Dhea Hafifa Nanda. E0016124. Kedudukan Saksi Korban Dalam Pembuktian Dakwaan Penuntut Umum Dan Pertimbangan Hakim Dalam Persidangan Perkara Perlindungan Anak (Studi Putusan Nomor 38/Pid.Sus/2019/PN.Trg.)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kedudukan saksi korban dalam pembuktian dakwaan penuntut umum dalam persidangan perkara perlindungan anak Putusan pengadilan Negeri tenggarong nomor 38/Pid.Sus/2019/PN.Trg. melibatkan korban anak berusia 17 tahun yang dibujuk oleh terdakwa untuk melakukan hubungan seksual dan sebelumnya dijanjikan untuk dinikahi. Ditinjau dari Undang-undang perlindungan anak dan peraturan perundang-undangan yang terkait serta pertimbangan hakim dalam memutus perkara ini. Penelitian ini merupakan penelitian hukum doktrinal atau normatif, bersifat preskriptif dan terapan. Sumber bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder, pengumpulan bahan hukum dengan cara studi pustaka, menggunakan pendekatan kasus dan teknik analisis bahan hukum menggunakan metode silogisme dan interpretasi dengan menggunakan pola berpikir deduktif. Hasil penelitian menunjukan kedudukan saksi korban dalam pembuktian dakwaan penuntut umum dalam persidangan perkara perlindungan anak Putusan Nomor 38/Pid.Sus/2019/PN Trg. Yaitu anak saksi Ainun Jaria memiliki peran penting karena saksi merupakan korban yang tentunya melihat, mendengar, dan mengalami sendiri peristiwa, dan telah memenuhi ketentuan menjadi saksi. keterangan saksi korban berkesinambungan dengan alat bukti lain yaitu saksi Nurmiati Binti Kaddase, keterangan terdakwa, dan visum et repertum, yang dapat dijadikan petunjuk dalam pertimbangan hakim untuk memutus perkara.

Kata Kunci: KEDUDUKAN KORBAN, PERSESUAIAN ALAT BUKTI; PERLINDUNGAN ANAK

×
Penulis Utama : Dhea Hafifa Nanda
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0016124
Tahun : 2020
Judul : Kedudukan Saksi Korban Dalam Pembuktian Dakwaan Penuntut Umum Dan Pertimbangan Hakim Dalam Persidangan Perkara Perlindungan Anak
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Hukum - 2020
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS- Fak. Hukum, Jur. Ilmu Hukum- E0016124-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Bambang Santoso, S.H.,M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.