Penulis Utama : Dea Oktavia Anggraini
NIM / NIP : E0016118
×


ABSTRAK
DEA OKTAVIA ANGGRAINI, E0016118. 2020. Pelaksanaan Pengawasan Dan Penegakan Hukum Oleh Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Sukoharjo Terhadap Peredaran Dan Penggunaan Produksi Alkohol Di Sentra Industri Kecil Alkohol Desa Bekonang Kabupaten Sukoharjo. Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret.

Penulisan Hukum ini mendeskripsikan mengenai pengawasan dan penegakan hukum oleh Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sukoharjo terhadap penggunaaan produksi alkohol yang beredar di sentra industri kecil alkohol desa bekonang kabupaten sukoharjo. Ada dua poin yang menjadi pokok permasalahan yaitu, pertama adalah bagaimana pengawasan dan penegakan hukum oleh Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sukoharjo terhadap peredaran dan penggunaan produksi alkohol di sentra industri kecil Kabupaten Sukoharjo, kedua apa saja yang menjadi hambatan yang dihadapi oleh Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sukoharjo dalam melaksanakan pengawasan dan penegakan hukum terhadap penggunaaan produksi alkohol yang beredar di sentra industri kecil alkohol desa bekonang kabupaten sukoharjo serta bagaimana penyelesainnya.
Penelitian ini merupakan penelitian normatif. Penelitian ini dilakukan dengan mengolah data-data primer dan sekunder. Data-data primer diperoleh dengan melakukan wawancara atau interview dengan pihak Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sukoharjo. Sedangkan untuk data sekunder diperoleh dengan melakukan studi pustaka yang terkait dengan peraturan perundang-undangan dan penelitian atau jurnal yang telah ada.
Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan, diperoleh hasil bahwa Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sukoharjo telah melaksanakan pengawasan dan penegakan hukum terhadap peredaran produksi alkohol terutama di sentra industri kecil alkohol Desa Bekonang Kabupaten Sukoharjo sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Sukoharjo Nomor 6 Tahun 2017 Tentang Pengawasan, Pengendalian, Peredaran, dan Penjualan Minuman Beralkohol. Pada pelaksanaannya Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sukoharjo mengalami beberapa hambatan yang berasal dari beberapa faktor yaitu, faktor hukum, sarana prasarana, aparat penegak hukum, kesadaran masyarakat dan faktor budaya.
Kata Kunci : DINAS PERDAGANGAN, KOPERASI, USAHA KECIL DAN MENENGAH KABUPATEN SUKOHARJO, PRODUKSI ALKOHOL, DESA BEKONAN

×
Penulis Utama : Dea Oktavia Anggraini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0016118
Tahun : 2020
Judul : Pelaksanaan Pengawasan Dan Penegakan Hukum Oleh Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Sukoharjo Terhadap Peredaran Dan Penggunaan Produksi Alkohol Di Sentra Industri Kecil Alkohol Desa Bekonang Kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Hukum - 2020
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS- Fak. Hukum, Jur. Ilmu Hukum- E0016118-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Wasis Sugandha, S.H., M.H
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.