Penulis Utama : Fernanda Aufa Fauzan
NIM / NIP : F3317021
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendesain ulang Sistem  Informasi Akuntansi penjualan yang  diterapkan di UD RAMA, dan memberikan rekomendasi berupa desain ulang sistem dan penerapan menggunakan aplikasi berbasis Visual Basic.

Penelitian ini dilakukan dengan menganalisa sistem pembelian dan penjualan, kemudian  dilakukan  desain  ulang sistem.  Berdasarkan  sistem  yang baru, peneliti menyusun sistem aplikasi untuk mendukung sistem akuntansi yang baru. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara kepada pemilik UMKM.

Berdasarkan hasil penelitian, sistem pembelian dan penjualan pada UD Rama masih dilakukan dengan sederhana. Pencatatan dilakukan dengan mencatat nominal transaksi di selembar kertas tanpa disertai informasi pendukung seperti tanggal transaksi, nomor nota dan kuantitas barang. Hal tersebut dapat memungkinkan terjadi salah saji informasi akuntansi. Selain itu, nilai persediaan tidak dicatat sehingga dalam melakukan restock persediaan barang hanya berdasarkan perkiraan saja.

Dengan desain ulang sistem pembelian dan penjualan menggunakan aplikasi, informasi akuntansi dapat disajikan dengan lengkap. Desain sistem aplikasi mendukung penyajian informasi akuntansi dengan mengolah data input menjadi output berupa laporan laba/rugi dan data persediaan.

Kata Kunci : Sistem Informasi Akuntansi, Sistem Penjualan, Sistem Pembelian, Aplikasi, Visual Basic, Microsoft Exce

×
Penulis Utama : Fernanda Aufa Fauzan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3317021
Tahun : 2020
Judul : Desain Sistem Informasi Akuntansi Pembelian dan Penjualan pada Ud Rama
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi Studi Akuntansi-F3317021-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Renata Zoraifi, S.E.,M.Si.,Ak.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.