Penulis Utama : Yohana Yulia Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M0416057
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Faktor Fisika Kimia Air Terhadap Keanekaragaman Fitoplankton, Zooplankton, Benthos, dan Nekton di Waduk Cengklik Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. MIPA - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. MIPA, Prog. Studi Biologi-M0416057-2020
Subyek : BENTHOS, FISIKA KIMIA AIR, NEKTON, PLANKTON, WADUK CENGKLIK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Waduk Cengklik merupakan ekosistem perairan buatan yang berpotensi terjadi pencemaran akibat limbah dari  luar maupun dari dalam waduk sehingga hal ini dapat memengaruhi keanekaragaman organisme akuatik seperti fitoplankton, zooplankton, benthos dan nekton. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kondisi faktor fisika kimia air dan pengaruhnya terhadap keanekaragaman fitoplankton, zooplankton, benthos, dan nekton di Waduk Cengklik.  Penelitian ini menggunakan metode Purposive Random Sampling yang meliputi stasiun I (inlet), stasiun II (sisi tengah), stasiun III (outlet) dengan pengulangan 3 kali pada tiap stasiun. Identifikasi faktor biotik dilakukan di laboratorium biologi FMIPA UNS. Pengukuran suhu, kecerahan, pH, DO dilakukan di lokasi waduk. Pengukuran TSS, TDS, BOD, COD di Laboratorium Dinas Lingkungan Hidup Sukoharjo. Pengukuran nitrat dan fosfat di Laboratorium Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang. Analisis data meliputi uji korelasi dan regresi dengan metode komputerisasi SPSS untuk mengetahui kekuatan hubungan, bentuk hubungan dan melihat seberapa besar pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kondisi faktor fisika kimia perairan Waduk Cengklik tergolong dalam klasifikasi air kelas III, perairan difungsikan sebagai area pembudidayaan ikan air tawar, mengairi peternakan dan  pertanaman. Indeks keanekaragaman fitoplankton, zooplankton, benthos dan nekton berada dalam kisaran 1>H’>3 yang artinya  dalam kategori sedang, kestabilan komunitas sedang, dan perairan tercemar sedang. Faktor fisika kimia air yang memiliki hubungan signifikan dan berpengaruh langsung terhadap keanekaragaman fitoplankton adalah kecerahan yaitu sebesar 46,4%, derajat hubungan kuat dan bersifat positif. Pada zooplankton yaitu suhu air berpengaruh sebesar 80,3%, derajat hubungan kuat, bersifat negatif dan pH air berpengaruh sebesar 59%, derajat hubungan kuat dan bersifat positif. Pada benthos tidak ada satupun faktor yang berhubungan signifikan atau berpengaruh langsung terhadap indeks keanekaragamannya. Pada nekton yaitu suhu air berpengaruh sebesar 61,9%, derajat hubungan kuat dan bersifat negatif serta pH air berpengaruh sebesar 72,8%, derajat hubungan sangat kuat dan bersifat positif.

Kata kunci : Benthos, Fisika kimia air, Nekton, Plankton, Waduk Cengklik

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV .pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Edwi Mahajoeno, M.Si.,
2. Prof. Dr. Sunarto, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA