Penulis Utama : Christopher Juan
NIM / NIP : E0016106
×

ABSTRAK

Christopher Juan. E0016106. Tinjauan Yuridis Terhadap Perjanjian Kerjasama Antara Perusahaan Daerah Air Minum Provinsi Dki Jakarta Dengan Pihak Swasta. Penulisan Hukum (skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui legalitas Perjanjian Kerjasama (PKS) antara PD PAM Jaya dengan pihak swasta, yaitu PT Palyja dan PT Aetra berdasarkan Pasal 33 ayat (3) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan cakupan pelayanan PD PAM Jaya setelah disepakatinya Perjanjian Kerjasama dalam rangka pemenuhan hak rakyat atas air bagi masyarakat Jakarta.
 Penelitian ini termasuk dalam penelitian hukum normatif. Pendekatan yang digunakan oleh penulis adalah pendekatan perundang-undangan. Sumber hukum yang digunakan terdiri dari bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen (kepustakaan). Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analis data dengan cara deduktif yaitu menjelaskan suatu hal yang besifat umum dan kemudian menariknya menjadi kesimpulan yang khusus. 
Perjanjian Kerjasama berupa pengalihan kewenangan PD PAM Jaya dalam mengelola dan mendistribusikan air minum untuk masyarakat Jakarta kepada pihak swasta merupakan sesuatu yang bisa dilaksanakan berdasarkan ketentuan Pasal 33 ayat (3) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Hal ini karena berdasarkan ketentuan para ahli beserta putusan Mahkamah Konstitusi, pengelolaan terhadap sumber daya alam yang vital untuk kehidupan rakyat oleh pihak swasta tetap dapat dilaksanakan sepanjang tidak menghilangkan hak negara untuk menguasai sumber daya alam beserta kepentingan rakyat tetap dapat terjaga. Selanjutnya, Cakupan pelayanan PD PAM Jaya setelah disepakatinya Perjanjian Kerjasama terus menunjukkan peningkatan setiap tahunnya walaupun tidak mencapai target teknis. Hal ini karena salah satu isi kontrak Perjanjian Kerjasama adalah pihak swasta harus meningkatkan cakupan pelayanan terhadap PD PAM Jaya hingga masa konsensi berakhir pada tahun 2023 sesuai dengan target teknis yang telah ditetapkan. 

Kata Kunci:  PERJANJIAN KERJASAMA (PKS); PAM JAY

×
Penulis Utama : Christopher Juan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0016106
Tahun : 2020
Judul : Tinjauan Yuridis Terhadap Perjanjian Kerjasama Antara Perusahaan Daerah Air Minum Provinsi Dki Jakarta Dengan Pihak Swasta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Hukum - 2020
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS- Fak. Hukum, Jur. Ilmu Hukum- E0016106-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Arief Suryono S.H., M.H
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.