Penulis Utama : Erika Safira Almas Khaerani
NIM / NIP : K7116053
×

Abstrak

Tujuan   penelitian   ini   yaitu:   (1)   mendeskripsikan   penerapan   model Resource Based Learning (RBL), (2) meningkatkan hasil belajar IPA tema Cita- citaku, dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi pada penerapan model Resource Based Learning (RBL).
Jenis pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data yang digunakan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan tes.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penerapan model Resource Based Learning (RBL) untuk meningkatkan hasil belajar IPA tema Cita-citaku dilaksanakan dengan langkah-langkah: a) mengidentifikasi topik pembelajaran, b) merencanakan   cara   mencari   informasi,   c)   mengumpulkan   informasi,   d)
menggunakan informasi, e) mensintesis informasi, dan f) evaluasi; (2) penerapan model Resource Based Learning (RBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA tema Cita-citaku, dibuktikan dengan hasil observasi guru pada siklus I= 75,36%, siklus II= 85,41%, dan siklus III= 92,76%. Persentase rata-rata hasil observasi siswa pada siklus I= 74,18%, siklus II= 85,88%, dan siklus III= 90,97%. Hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus I= 66,07%, siklus II= 75,00%, dan siklus III=
91,07%; (3) kendala dalam penelitian ini adalah: siswa belum memusatkan perhatiannya pada kegiatan pembelajaran karena kehadiran peneliti dan observer di kelas, siswa tidak berani bertanya dan mengemukakan pendapatnya, siswa tidak percaya diri, suasana kelas kurang kondusif, penyampaian materi pembelajaran belum fokus pada suatu bahasan, siswa belum memusatkan perhatian saat guru
menjelaskan langkah mengerjakan LKS, siswa terpisah dari kelompoknya saat kegiatan di luar kelas, siswa duduk membelakangi papan tulis, dan siswa tidak menuliskan kesimpulan pembelajaran. Adapun solusinya yaitu: menjelaskan kepada siswa tujuan peneliti dan observer, memberikan motivasi agar siswa berani berpendapat  dan  bertanya,  memberikan  dorongan  agar  siswa  percaya  diri, membuat kesepakatan agar semua bekerja dalam kelompok, peneliti membuat catatan agar materi yang disampaikan dapat fokus, menjelaskan pada siswa akan pentingnya memperhatikan penjelasan guru tentang isi LKS, memberi arahan agar siswa bekerja sama dalam kelompoknya, memperhatikan siswa agar tidak duduk membelakangi papan tulis, dan guru menekankan kepada semua siswa agar menulis kesimpulan dan selalu mengawasinya.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Resource Based Learning (RBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA tema Cita-citaku pada siswa kelas IV SDN 2 Mekarsari tahun ajaran 2019/2020.

Kata Kunci: Resource Based Learning (RBL), Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan
Alam

 

×
Penulis Utama : Erika Safira Almas Khaerani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116053
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Model Resource Based Learning (Rbl) Dalam Peningkatan Hasil Belajar IPA Pada Tema Cita-Citaku Kelas IV SDN 2 Mekarsari Tahun Ajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7116053-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suhartono, M.Pd
2. Dr. Rokhmaniyah, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.