Penulis Utama : Linda Ayu Purnamasari
NIM / NIP : F3317031
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis prediksi kebangkrutan dan faktor penyebab financial distress pada subsektor telekomunikasi di Indonesia. Model Altman Z-score merupakan salah satu model analisis multivariate yang berfungsi untuk memprediksi kebangkrutan perusahaan dengan tingkat ketepatan dan keakuratan yang relatif dapat dipercaya. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kinerja keuangan perusahaan serta prediksi kebangkrutan berdasarkan hasil analisis diskriminan dengan menggunakan model Altman. Perusahaan diharapkan dapat membuat kebijakan yang tepat setelah mengetahui kondisi keuangannya serta dapat mengantisipasi masalah keuangan yang mungkin terjadi. Penelitian menggunakan data sekunder dari laporan keuangan empat perusahaan subsektor telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode dari Altman Z-Score.

Berdasarkan hasil analisis prediksi kebangkrutan yang dilakukan pada empat perusahaan telekomunikas periode 2016-2018 menyatakan dari keempat perusahaan, tiga diantaranya berada pada zona yang berpotensi mengalami kebangkrutan. Dikatakan demikian karena skor yang dihasilkan dari perhitungan bab sebelumnya menunjukkan nilai dibawah dari zona aman bahkan beberapa menunjukkan hasil yang negatif. Hal tersebut dikarenakan keempat perusahaan mengalami financial distress yang disebabkan oleh struktur keuangan sehingga berdampak pada pendanaan modal kerja perusahaan yang kurang. Sedangkan satu perusahaan yang berada pada zona aman, akan tetapi perusahaan tersebut mengalami penurunan dalam hasil akhir perhitungannya.

Kata kunci: Kebangkrutan, Altman Z-Score, financial distress

×
Penulis Utama : Linda Ayu Purnamasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3317031
Tahun : 2020
Judul : Analisis Prediksi Kebangkrutan dengan Menggunakan Metode Altman Z-Score pada Perusahaan Subsektor Telekomunikasi di Indonesia Periode 2016-2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi Studi Akuntansi-F3317031-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nasyiah Hasanah, S.E., M.Sc., Ak.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.